Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Pancasila Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pelita Mekar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7003Abstract
Pendidikan harus dimulai sejak anak usia dini. Pendidikan dari sejak dini sangat penting, karena pada saat inilah anak mengalami proses tumbuh kembang yang sangat pesat. Tentunya untuk mengoptimalkan dan membantu proses tumbuh kembang anak diperlukan stimulus yang tepat dari orang di sekitar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal lambang pancasila pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Mekar. Jenis penelitiannya adalah kualitatif. Subjek penelitiannya adalah anak-anak dengan usia 5 sampai 6 tahun di TK Pelita Mekar. Adapun teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik observasi. Observasi ini yaitu peneliti melakukan pengamatan secara langsung pada saat proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang pancasila di TK Pelita Mekar belum optimal dan berada pada kategori MB (Mulai Berkembang) dengan skor 2 dari setiap pertanyaan. Salah satu faktornya adalah kurang menariknya cara penyampaian pembelajaran sehingga anak mudah bosan dan kurang memahami terkait materi yang disampaikan.Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Pauji, R. R., Muslihin, H. Y. ., & Mulyadi, S. . (2022). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Pancasila Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pelita Mekar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3227–3231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7003
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ratih Resti Pauji, Heri Yusuf Muslihin, Sima Mulyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).