Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Diniyah Mu’allimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong

Authors

  • Ahmad Ubaidillah Attamimi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mamluatun Ni’mah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Poppy Rachman Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6021

Abstract

Pendidikan merupakan human investment yang sangat strategis untuk mencetak generasi di masa mendatang. Format pendidikan yang lebih baik sudah barang tentu menjadi keharusan seperti saat ini. Masyarakat dengan berpengetahuan tinggi sudah menjadi sebuah keniscayaan, tidak terkecuali pada masyarakat Islam. Dalam catatatan sejarah, peradaban Islam sebenarnya telah menunjukkan betapa pentingnya pendidikan yang komprehensif dan kondusif dalam rangka memajukan dan meninggikan martabat manusia. Namun selama beberapa abad terakhir, peradaban Islam seakan mengalami kemerosotan bahkan kemunduran akibat kurangnya pendidikan yang mencerdaskan. Sementara itu, guru adalah salah satu unsur manusia dalam proses pendidikan. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru memiliki peran, yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran kedalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia yang cakap, aktif, kreatif, mandiri, dan inovatif.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Attamimi, A. U. ., Ni’mah, M. ., & Rachman, P. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Diniyah Mu’allimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3265–3269. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6021

Most read articles by the same author(s)