Mind Mapping Method Dalam Menumbuhkan Creative Thinking Skill Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14378Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keberhasilan penggunaan mind mapping method dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas V Tahfidz MI Nahdlatul Ulama Kraksaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan karena untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dari sebelum dan setelah menggunakan metode mind mapping. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata presentase yang diperoleh siswa dari sebelum menggunakan metode mind mapping dengan nilai 41,8% yang berada pada kriteria cukup kreatif, terjadi peningkatan setelah menggunakan metode mind mapping menjadi 75,3% pada kriteria sangat kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Ula, I. M. ., Ni’mah, M. ., & Badruttamam, C. A. . (2023). Mind Mapping Method Dalam Menumbuhkan Creative Thinking Skill Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5308–5313. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14378
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ifa Maghfiratul Ula, Mamluatun Ni’mah, Choerul Anwar Badruttamam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).