Media Jejaring Sosial Dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan Di Yayasan Fatahillah Sumberkerang Sebaung Probolinggo

Authors

  • Samak Hariadi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mamluatun Ni’mah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Fuad Badruddin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5902

Abstract

Dalam penelitian ini menggambarkan bagaimana penggunaan media sosial di yayasan fatahillah sumberkerang dimana media jejaring sosial merupakan startegi dalam pemasaran pendidikan di yayasan fatahillah. Dengan meningkatnya zaman dimana kita hidup dizaman revolusi industry 4.0 media jejaring sosial merupakan alat yang paling tepat dalam melakukan perubahan salah satunya pemasaran pendidikan karena media jejaring sosial merupakan alat yang sangat mudah di akses oleh masyarakat. Adapun hasil penelitiannya yaitu media jejaring sosial yang yayasan fatahillah sumberkerang gunakan yaitu facebook, youtube dan website yang di aplikasikan oleh tim media fatahillah. Salah satu manajemen pemasarannya yaitu sebelem melakukan pemasaran pendidikan yayasan fatahillah terlebih dahulu merangcang ide dan melihat situasi pasar. Yayasan fatahillah melaksanakan manajemen pemasaran dengan cara melibatkan keluarga dan para alumni dengan bahan utamanya media jejaring sosial. Dalam melakukan penelitian seorang peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses observasi peneliti melakukan pengamatan tentang lingkungan yang ada di yayasan fatahillah tersebut kemudian peneliti melakukan proses wawancara untuk mendapatkan hasil penelitian berupa data yang akurat, salah satu narasumbernya yaitu kyai Gufron, M.Pd selaku pengasuh yayasan fatahillah sumberkerang. Proses penelitian selanjutnya yaitu dokumentasi pada tahap ini peneliti mengkaji dokumen penting yang ada di yayasan fatahillah guna untuk menemukan data hasil penelitian yang sesuai dengan tujuan peneliti.

Downloads

Published

2022-08-08

How to Cite

Hariadi, S., Ni’mah, M. ., & Badruddin, F. . (2022). Media Jejaring Sosial Dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan Di Yayasan Fatahillah Sumberkerang Sebaung Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2725–2729. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5902