ANALISIS KETERAMPILAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SENTRA BERMAIN PERAN RA BAITURRAHMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.534Keywords:
Keterampilan Interpersonal, Anak Usia 4-5 Tahun, Sentra Bermain Peran.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan mengenai keterampilan interpersonal anak. Keterampilan interpersonal merupakan suatu kemampuan seseorang dalam berhubungan antar perseorangan dimana anak mampu menggali/menerima informasi, mampu merespon informasi dan mampu membangun hubungan yang harmonis. Namun dilapangan masih ada beberapa anak yang belum optimal dalam menggali/menerima informasi, merespon dan membangun hubungan sosial. Oleh karena itu peneliti mengambil fokus kajian pada keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman dengan tujuan untuk mengukur, menganalisis, dan mendeskripsikan keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 anak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini dinyatakan bahwa 1) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman berada pada kategori Berkembang Sangat Baik dengan persentase 80% dari keseluruhan anak; 2) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman pada aspek kemampuan menggali/menerima informasi berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH); 3) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman pada aspek kemampuan merespon informasi berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB); 4 keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman berada pada aspek kemampuan membangun hubungan yang harmonis berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Temuan tersebut dibuktikan dari hasil analisis data yang telah diolah dari data-data yang didapat selama lima pertemuan penelitian.References
Alif, A. & Wulantika, W. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan. hlm 31-33
Amelia, L & Marsella, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak TK B2 di PAUD Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, Vol. 5, No. 2
Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol. 1, No. 2, hlm. 105
Creswell, J.W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Fitriani, M.R. & Hidayah,N. (2016). Keefektifan Konseling Kelompok Adler untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 1, No. 1, hlm 7-8.
Gandana, G. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudakâ€. Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya
Goleman. (2001). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi.
Hadiningrum, A & Widayati, S. (2014). Jurnal Studi Deskriptif Kepercayaan Diri Melalui Sentra Bermain Peran.
Hethline Pacific Cross. (…). Golden Age Fase Emas. Jakarta : PT. International Pacific Cross
Mujahidah,H.N. (2016). Jurnal Kegiatan Bermain Peran Makro Dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Aisyiyah Hadimulyo Metro Barat. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Montolalu, dkk. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka : Jakarta
Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Banten : Universitas Terbuka
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014
Rahmawati,C.W. (2015). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Rustandi, D.F. (2017). Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini. (Skripsi). Sekolah Strata-1, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya.
Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence. Yogyakarta : Amara Books
Satriani, A. (2013). Keterampilan Interpersonal. Diakses dari : https://alfisatrianti.wordpress.com/2013/06/26/interpersonal-skill-keterampilan-interpersonal/.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Permata Puri Media
Suparno, P. (2013). Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius
Sundari. (2012). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 03 Tambak. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Boyolali.
Vatmala, T. (2017). Jurnal Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di PAUD Bina Insani Lambu Kibang Tulang Bawang Barat. Lampung
Wee, S., dkk (2013) Young children’s Role-playing for Enhancing Personal Intelligences in Multiple Theory. International Research in Early Childhood Education. Vol. 4, No. 1, Page 53.
Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta : Dian Rakyat
Yunita, H. (2017). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Alphabet Kecamatan Cihideng Kota Tasikmalaya. (Skripsi). Sekolah Strata-1, Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group
Zahro. (2015). Jurnal Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. STKIP Siliwangi. Vol. 1, No.1, hlm.14.