ANALISIS KETERAMPILAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SENTRA BERMAIN PERAN RA BAITURRAHMAN

Authors

  • Gina Nurdiani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Yasbiati Yasbiati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.534

Keywords:

Keterampilan Interpersonal, Anak Usia 4-5 Tahun, Sentra Bermain Peran.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan mengenai keterampilan interpersonal anak. Keterampilan interpersonal merupakan suatu kemampuan seseorang dalam berhubungan antar perseorangan dimana anak mampu menggali/menerima informasi, mampu merespon informasi dan mampu membangun hubungan yang harmonis. Namun dilapangan masih ada beberapa anak yang belum optimal dalam menggali/menerima informasi, merespon dan membangun hubungan sosial. Oleh karena itu peneliti mengambil fokus kajian pada keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman dengan tujuan untuk mengukur, menganalisis, dan mendeskripsikan keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 anak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini dinyatakan bahwa 1) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman berada pada kategori Berkembang Sangat Baik dengan persentase 80% dari keseluruhan anak; 2) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman pada aspek kemampuan menggali/menerima informasi berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH); 3) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman pada aspek kemampuan merespon informasi berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB); 4 keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman berada pada aspek kemampuan membangun hubungan yang harmonis berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Temuan tersebut dibuktikan dari hasil analisis data yang telah diolah dari data-data yang didapat selama lima pertemuan penelitian.

References

Alif, A. & Wulantika, W. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan. hlm 31-33

Amelia, L & Marsella, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak TK B2 di PAUD Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, Vol. 5, No. 2

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol. 1, No. 2, hlm. 105

Creswell, J.W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Fitriani, M.R. & Hidayah,N. (2016). Keefektifan Konseling Kelompok Adler untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 1, No. 1, hlm 7-8.

Gandana, G. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudakâ€. Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya

Goleman. (2001). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi.

Hadiningrum, A & Widayati, S. (2014). Jurnal Studi Deskriptif Kepercayaan Diri Melalui Sentra Bermain Peran.

Hethline Pacific Cross. (…). Golden Age Fase Emas. Jakarta : PT. International Pacific Cross

Mujahidah,H.N. (2016). Jurnal Kegiatan Bermain Peran Makro Dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Aisyiyah Hadimulyo Metro Barat. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Montolalu, dkk. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka : Jakarta

Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Banten : Universitas Terbuka

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014

Rahmawati,C.W. (2015). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Rustandi, D.F. (2017). Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini. (Skripsi). Sekolah Strata-1, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya.

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence. Yogyakarta : Amara Books

Satriani, A. (2013). Keterampilan Interpersonal. Diakses dari : https://alfisatrianti.wordpress.com/2013/06/26/interpersonal-skill-keterampilan-interpersonal/.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Permata Puri Media

Suparno, P. (2013). Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius

Sundari. (2012). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 03 Tambak. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Boyolali.

Vatmala, T. (2017). Jurnal Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di PAUD Bina Insani Lambu Kibang Tulang Bawang Barat. Lampung

Wee, S., dkk (2013) Young children’s Role-playing for Enhancing Personal Intelligences in Multiple Theory. International Research in Early Childhood Education. Vol. 4, No. 1, Page 53.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta : Dian Rakyat

Yunita, H. (2017). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Alphabet Kecamatan Cihideng Kota Tasikmalaya. (Skripsi). Sekolah Strata-1, Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group

Zahro. (2015). Jurnal Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. STKIP Siliwangi. Vol. 1, No.1, hlm.14.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Nurdiani, G., Sumardi, S., Yasbiati, Y., & Gandana, G. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SENTRA BERMAIN PERAN RA BAITURRAHMAN. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 34–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.534

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)