PENGEMBANGAN MODEL BERCERITA BERBASIS VAK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Annisa Shofaril Wahidah UPI Kampus Tasikmalaya
  • Edi Hendri Mulyana UPI Kampus Tasikmalaya
  • Yasbiati Yasbiati UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.363

Keywords:

Bercerita, VAK, kemampuan menyimak, Educational Design Research

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai kegiatan bercerita yang selama ini dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Berdasarkan lapangan, kegiatan bercerita belum dijadikan sarana pengajaran oleh guru dalam penyampaian tema secara utuh. Kenyataannya kegiatan bercerita hanya digunakan untuk penambah kegiatan diawal atau diakhir saja. Karenanya model pembelajaran yang digunakan guru melalui kegiatan bercerita belum terealisasi dengan baik. Hal ini berdampak pada perkembangan anak yang belum optimal dalam pembelajaran. Sedangkan anak usia dini menaruh minat yang besar terhadap kegiatan bercerita tersebut. Maka peneliti mengembangkan model bercerita sesuai kebutuhan gaya belajar siswa yang dapat memfasilitasi salah satu keterampilan dasar berbahasa anak yaitu kemampuan menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan panduan pengajaran melalui bercerita kepada guru untuk memfasilitasi perkembangan anak sehingga dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Dikarenakan kegiatan bercerita ini berorientasi pada kebutuhan modalitas anak, maka peneliti menyusun tahapan bercerita berbasis visual auditori kinestetik (VAK). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Educational Design Research (EDR) model McKenney& Reaves. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, audio dan visual, serta validasi dari ahli. Instrumen divalidasi oleh ahli model pembelajaran anak usia dini dan ahli bahasa dan melalui beberapa revisi sesuai saran validator. Setelah validasi internal dilakukan, selanjutnya penelitian ini melalui tahap validasi eksternal yang dilakukan selama dua kali uji coba di TK Artanita Al-Khairiyah. Secara umum, model bercerita berbasis VAK ini layak digunakan dan menghasilkan produk model bercerita berbasis VAK untuk memfasilitasi kemampuan menyimak anak pada kelompok B taman kanak-kanak.

References

Bradekamp, S. (2007). Develpmentally Approriate Practice in Early Childhood. Washington D. C.: NAEYC.

DePorter, B. (2007). Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Fauziah, S. F. (2018). The Effect of Professional Development on Preschool Teachers’ Instructional Behaviours during Storybook Reading. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Herrington, J. et al. (2007). Design-based research and doctoral students: Guidelines for preparing a dissertation proposal. Proceedings of World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications (pp. 4089-4097). Chesapeake, VA: AACE.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Meilana, D. R. (2018). Optimalisasi Pengendalian Emosi Anak Inklusif Cerebral Palsy dengan Metode Bercerita Ekspresif Kelompok B di TK Persis Tarogong Garut. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Plomp. (2007). “Educational Design Research: An Introductionâ€, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Said, A. & Budimanjaya, A. (2017). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya. Jakarta: Kencana.

Santrock, J. W. (2017). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Stockall, N., & Dennis, L. (2012). Fathers’ role in play; enhancing early language and literacy of children with developmental delays. Early Childhood Educ J. (41), .299-306. DOI: 10.1007/s10643-012-0557-2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Van Den Akker, J. et al. (2006). Educational Design Research. USA and Canada: Routledge.

Yulianti, N. (2018). Penggunaan Media Papan Flanel Bergambar untuk Memfasilitasi Kemampuan Menyimak Anak Usia 4 5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Wahidah, A. S., Mulyana, E. H., & Yasbiati, Y. (2019). PENGEMBANGAN MODEL BERCERITA BERBASIS VAK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 69–77. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.363

Issue

Section

Articles