KETERAMPILAN SAINTIFIK ANAK KELOMPOK A PADA PERMAINAN SAINS DI SENTRA BAHAN ALAM RA BAITURRAHMAN

Authors

  • Eka Sutisnawati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.533

Keywords:

Keterampilan Saintifik, Permainan Sains, Sentra Bahan Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Keterampilan Saintifik Anak Kelompok A pada Permainan Sains di Sentra Bahan Alam RA Baiturrahman dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 anak. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini dinyatakan bahwa 1) Kinerja guru mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains dengan hasil pencapian terendah 10%. Artinya guru cukup baik mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains, dan hasil pencapaian tertinggi yaitu 90%. Artinya guru sangat baik mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains. Maka rata-rata dari kinerja guru mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains yaitu sangat baik. 2) Kinerja guru mengelola permainan sains yang terdiri dari permainan sains gunung meletus, water filter (penyaringan air kotor menjadi air bersih), dan listrik statis terdapat pencapaian dengan hasil tertinggi 100% atau dapat diartikan pencapaian sangat baik. Rata-rata dari kinerja guru mengelola permainan sains yaitu sangat baik. 3) Keterampilan saintifik kelompok A pada permainan sains gunung meletus, water filter (penyaringan air kotor menjadai air bersih), dan listrik statis. Dari ketiga permainan sains tersebut diperoleh hasil pencapaian terendah yaitu 20% anak memiliki keterampilan saintifik Berkembang Sangat Baik (BSB), dan pencapian tertinggi 80% anak memiliki keterampilan saintifik Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Maka rata-rata keterampilan saintifik anak kelompok A pada permainan sains yaitu cukup baik atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

References

Agustin, Mubiar. (2017). Mengajar Yang Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak Kiat Sukses Menyiapkan, Membuka, Menyampaikan Inti & Menutup Pembelajaran. Bandung: CV. Edena Ciptawira Mandiri.

Creswell, J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Kemendikbud.

Mukhtar Latif, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Nugraha, Ali. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 (2014). tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Slamet, Suyanto. (2005). Pembelajaran Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Indeks.

Suyadi dan Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Sutisnawati, E., Mulyana, E. H., & Sumardi, S. (2020). KETERAMPILAN SAINTIFIK ANAK KELOMPOK A PADA PERMAINAN SAINS DI SENTRA BAHAN ALAM RA BAITURRAHMAN. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 27–33. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.533

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>