Analisis Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK El-Banna
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5226Abstract
Program deteksi dan stimulasi pada anak usia dini yang dilakukan di TK El-Banna Pasar ujung batu sama seperti penelitian-penelitian terdahulu yang merupakan program untuk mengetahui tumbuh kembang anak, yang bertujuan jika terdapat hambatan pada anak bisa diatasi dengan segera mungkin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan melakukan observasi dan mengumpulkan data-data penelitian terdahulu dengan responden 20 anak dan pihak sekolah. Hasil penelitian didapatkan bahwa pertumbuhan dan perkembangannya bagus jika dilihat dari tinggi badan dan berat badan yang sesuai yaitu rata-rata memiliki tinggi 110 cm-115 cm dengan rata-rata berat badan 18-20 kg, terdapat satu ABK tunawicara dan tunawisma, ada sekitar 4 anak yang celat, ada beberapa anak yang kesulitan dalam berinteraksi dengan sosialnya, lingkungan sekitarnya, bermain jika di ajak oleh temannya, tidak bercerita jika belum dimulai pembicaraan oleh temannya, terdapat anak yang susah menangkap pembelajaran, gangguan pemusatan perhatian. Jadi evaluasi hasil kegiatan ini berguna bagi orang tua agar tahu apa yang harus diberikan kepada anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan optimal, dan berguna bagi pendidikan seperti guru bisa memberikan stimulus-stimulus disekolah guna meningkatkan tumbuh kembang anak. Sehingga dengan adanya kegiatan rutin ini, pertumbuhan dan perkembangan anak bisa ditangani dengan baik .Downloads
Published
2022-07-05
How to Cite
Khadijah, K., Hasibuan, N. H. ., Nst, N. T. ., & Siregar, A. S. . (2022). Analisis Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK El-Banna . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 326–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5226
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Khadijah, Nur Hasanah Hasibuan, Nabila Thifali Nst, Ayu Syarani Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).