Model Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Sosial Anak di TK Al-Jama’iyah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11653Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model pembelajaran kelompok dalam meningkatkan sosial anak di TK Al-Jama’iyah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Jama’iyah, namun model pembelajarannya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan model pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning ini ialah suatu pola pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok dan adanya interaksi kerjasama antar siswa dan guru dalam memahami materi pembelajaran. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan anak murid. Untuk pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di TK Al-Jama’iyah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran di TK Al-Jama’iyah adalah guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok dan meminta masing-masing kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Putri, D. D. ., Khadijah, K., Amalia, K. T. ., Ali, R. P. ., & Af-Idah, S. . (2023). Model Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Sosial Anak di TK Al-Jama’iyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4049–4053. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11653
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dhea Dwita Putri, Khadijah, Kartika Tri Amalia, Ririn Putri Ali, Shofiyatul Af-Idah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).