Model Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Sosial Anak di TK Al-Jama’iyah

Authors

  • Dhea Dwita Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Kartika Tri Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ririn Putri Ali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Shofiyatul Af-Idah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model pembelajaran kelompok dalam meningkatkan sosial anak di TK Al-Jama’iyah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Jama’iyah, namun model pembelajarannya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan model pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning ini ialah suatu pola pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok dan adanya interaksi kerjasama antar siswa dan guru dalam memahami materi pembelajaran. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan anak murid. Untuk pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di TK Al-Jama’iyah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran di TK Al-Jama’iyah adalah guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok dan meminta masing-masing kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Putri, D. D. ., Khadijah, K., Amalia, K. T. ., Ali, R. P. ., & Af-Idah, S. . (2023). Model Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Sosial Anak di TK Al-Jama’iyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4049–4053. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11653

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>