Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Di RA Ummul Qura Stabat

Authors

  • Ilsa Adrina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Suci Ranika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Cut Mona Shafia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5125

Abstract

Pendidikan bisa di dapatkan dari mana saja mulai dari keluarga ataupun lingkungan sekitar. Pendidikan karakter yang utama dan pertama bagi anak adalah lingkungan keluarga. Pendidikan dalam keluarga sangatlah penting dan merupakan pilar pokok pembangunan karakter seorang anak. Selain pendidikan yang di dapat dari luar. Anak juga bisa mendapatkan pendidikan di lingkungan sekitar ataupun di sekolah(di dunia pendidikan Anak) . Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan bentuk pendidikan untuk rengan usia empat sampai enam tahun. Pendidikan anak usia 4-6 tahun merupakan suatu bentuk stimulasi yang pada dasarnya adalah upaya intervensi dengan menciptakan lingkungan sekitar anak usia dini agar dapat menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Intervensi merupakan sejumlah informasi yang di atur melalui pembelajaran tertentu untuk pertumbuhan, perkembangan, maupun perubahan perilaku anak. Pendidikan pada usia 4-6 tahun bermanfaat mengembangkan berbagai kompetensi anak usia dini termasuk kompetensi sosial. Pengaruh ekologi bronfrenbrener menegaskan bahwa pengaruh lingkungan sangat berperan penting terhadap perkembangan kepribadian seorang anak. Lingkungan mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat sangat berperan pentuh dalam pembentukan karakter anak sejak dini.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Adrina, I. ., Ranika, S. ., Shafia, C. M. ., & Khadijah, K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Di RA Ummul Qura Stabat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2521–2529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5125

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>