Permainan Congklak untuk Mengembangkan Kognitif dan Motorik AUD di TK Al-Kausar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11257Abstract
Permainan congklak adalah permainan tradisional, permainan congklak dimainkan dengan menggunakan papan kayu dengan bentuk lubang yang bulat berjumlak 14 sampai 16 lubang dan ukuran yang lebih besar terletak di ujung papan. Di TK Al-Kausar terdapat permainan congklak untuk anak-anak, ternyata permainan congklak dapat mengembangkan kognitif dan motorik anak. Dari hasil penelitian adapun tujuan permainan congklak yaitu guru dapat mengembangkan kognitif dan motorik pada anak. Murid yang ada di TK Al-Kausar sebanyak 16 murid, sebelum menulis artikel ini, penulis sudah mengopservasi AUD yang ada di TK Al-Kausar, rata-rata murid yang ada di TK-Alkausar berusia 6 tahun, dan ada murid yang berusia 4 tahun. Terdapat 8 murid perempuan dan 8 murid laki-laki. Metode penelitian yang penulis lakukan dengan mengopservasi murid yang ada di TK Al-Kausar, alat pengumpulan data dengan memberikan kesempatan untuk anak bermain permainan congklak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan congklak bukan saja ptermasuk permainan tradisional namun juga permainan yang dapat mengembangkan kognitif dan motorik pada anak. Jika guru ingin mengembangkan kognitif dan motorik anak, guru dapat menggunakan permainan congklak sebagai metode dalam mengembangkan kognitif dan motorik anak.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Khadijah, K., Oktafianti, N. ., Salsabila, P., & Ramita, R. (2023). Permainan Congklak untuk Mengembangkan Kognitif dan Motorik AUD di TK Al-Kausar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1999–2004. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11257
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Khadijah, Nurul Oktafianti, Putri Salsabila, Ramita, Siti Nurjannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).