Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Juliani Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sintiya Sintiya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sriana Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5027

Abstract

Pendidikan karakter yang utama dan pertama bagi anak adalah lingkungan keluarga. Pendidikan dalam keluarga sangatlah penting dan merupakan pilar pokok pembangunan karakter seorang anak. Keluarga sebagai satuan unit sosial terkecil merupakan lingkungan pendidikan yang paling utama dan bertanggung jawab mendidik anak-anaknya. Pendidikan yang diberikan orangtua seharusnya memberikan dasar bagi pendidikan anak mengenai proses sosialisasi dan kehidupannya dimasyarakat. Pola asuh orangtua yang baik akan membawa  dampak baik bagi perkembangan anak demikian juga sebaiknya. Keberhasilan  pembentukan  karakter  pada  anak  ini  salah  satunya dipengaruhi oleh tipe pola asuh orang tua dalam mendidik anak. Orangtua memegang peranan penting dalam membentuk sistem interaksi yang intim dan berlangsung lama ditandai oleh loyalitas pribadi, cinta kasih dan hubungan yang penuh kasih sayang. Ragam tipe pola asuh orangtua yang terdiri dari empat macam, diantaranya yaitu: Pertama, otoritatif; Kedua, otoritarian; dan Ketiga, permisif; serta yang keempat, acuh tak acuh. Masing-masing pola asuh ini mempunyai dampak bagi perkembangan anak. Adapun pola asuh yang terbaik dalam pembentukan karakter anak adalah tipe pola asuh otoritatif. Hal ini, disebabkan bahwa dalam pola asuh tipe otoritatif ini bercirikan orang tua yang cenderung menganggap sederajat hak dan kewajiban anak dibanding dirinya karena pada prakteknya tipe pola asuh otoritatif ini, para orang tua memberi kebebasan dan bimbingan kepada anak.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Lubis, J. ., Sintiya, S., Lestari, S. ., & Khadijah, K. (2022). Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2080–2089. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5027