Upaya Meningkatkan Perilaku Senyum Anak Usia Dini Melalui Permainan Di RA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4753Abstract
RA/PAUD menjadi sangat penting mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia ini. Pembelajaran pada RA/PAUD adalah proses pembelajaran yang dilakukan melalui bermain. Tetapi fenomena yang terjadi pada lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini sangat miris menyedihkan. Kuantitas lembaga pendidikan anak usia dini telah menjamur. Namun kualitasnya masih jauh dari prinsip-prinsip pembelajaran AUD. Salah satunya program pembelajaran yang jauh dari kegiatan bermain dan lebih bersifat monoton. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran upaya meningkatkan perilaku senyum anak usia dini pada RA/PAUD melalui permainan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Melalui kegiatan bermain anak akan merasakan berbagai pengalaman emosi antara lain: senang, sedih, bergairah, kecewa, bangga, marah dan sebagainya. Adapun permainan yang (sebagai upaya) meningkatkan perilaku senyum pada anak usia dini di RA/PAUD adalah: Permainan Senyum Dulu, yang kusuka dan dia suka, tebak wajah, suara sedih atau senang, dan permainan pasanganku.Downloads
Published
2022-06-17
How to Cite
Ningsih, S. P. ., Sari, I. P. ., Barus, A. ., Yulianti, N. ., & Khadijah, K. (2022). Upaya Meningkatkan Perilaku Senyum Anak Usia Dini Melalui Permainan Di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1202–1212. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4753
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Swandari Purnama Ningsih, Intan Puspita Sari, Adawiyah Barus, Nisafira Yulianti, Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).