Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 1 GUNUNUNGSITOLI Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18264Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNUNGSITOLI yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajarannya sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model saintifik dan model Konvesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif, Siswa kelas VIII-B di UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI terdiri dari dua kelas dimana kelas VIII-B dan VII -B. Kelas VIII berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Saintifik dan kelas VIII-B berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Konvesional. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian, secara spesifik disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa pada pemberian tes akhir kelas eksperimen yaitu 75,69 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata – rata hasil belajar siswa yaitu 71,18. Hasil pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu Uji t independen diperoleh t tabel= 2,33 dan t hitung = 1,101 Karena t = 1,101 tidak terletak pada interval –1,983? t ? 1,983, maka tolak H0 terima Ha, Simpulan umum dapat disampaikan bahwa, ada perbedaan model pembelajaran santifik dan model pembelajaran konvesional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelasVII-B UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI Tahun pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-30
How to Cite
Halawa, L., & Lase, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 1 GUNUNUNGSITOLI Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 832–840. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18264
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Lovertin Halawa, Asali Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).