Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18003Abstract
Model pembelajaran Group Investigation adalah model kegiatan pembelajaran yang bersifat dipimpin oleh wakil dari anggota kelompoknya yang diwujudkan dalam diskusi kelompok, yang berusaha untuk memecahkan suatu masalah terdiri dari beberapa kelompok kecil. Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS dikelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS dikelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-2 semester II Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPS terpadu dengan materi pokok Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi (observasi guru dan lembar observasi siswa), tes hasil belajar, dan dokumentasi/foto. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahawa (1) hasil lembar observasi untuk guru pada siklus I sebesar 61,53% dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,30%. Sedangkan hasil analisis pada lembar observasi aktifitas siswa pada Siklus I sebesar 55,65% dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,40%. Dengan demikian model pembelajaran Group Investigation dapat diterpkan pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I adalah 61,14 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 48,00% asih tergolong rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada Siklus II meningkat menjadi 84,09 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajar IPS Terpadu kelas VIII-2 melalu penerapan model pembelajaran Group Investigation di UPTD SMP Negeri Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Nazara, N., & Lase, A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 675–685. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18003
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Niati Nazara, Asali Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).