Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Niati Nazara Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18003

Abstract

Model pembelajaran Group Investigation adalah model kegiatan pembelajaran yang bersifat dipimpin oleh wakil dari anggota kelompoknya yang diwujudkan dalam diskusi kelompok, yang berusaha untuk memecahkan suatu masalah terdiri dari beberapa kelompok kecil. Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS dikelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS dikelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-2 semester II Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPS terpadu dengan materi pokok Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi (observasi guru dan lembar observasi siswa), tes hasil belajar, dan dokumentasi/foto. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahawa (1) hasil lembar observasi untuk guru pada siklus I sebesar 61,53% dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,30%. Sedangkan hasil analisis pada lembar observasi aktifitas siswa pada Siklus I sebesar 55,65% dan pada Siklus II mengalami peningkatan  menjadi 84,40%. Dengan demikian model pembelajaran Group Investigation dapat diterpkan pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I adalah 61,14 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 48,00% asih tergolong rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar  pada Siklus II meningkat menjadi 84,09 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajar IPS Terpadu kelas VIII-2 melalu penerapan model pembelajaran Group Investigation di UPTD SMP Negeri Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Nazara, N., & Lase, A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 675–685. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18003