Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18129Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-B semester II Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPS terpadu. Â Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) Angket, terdiri dari angket disiplin sebanyak 20 butir dan lingkungan belajar sebanyak 20 butir dan angket prestasi belajar siswa sebanyak 20 butir berdasarkan kisi-kisi angket. Angket ini dibuat berdasarkan Skala Likert, (2) dokumentasi/foto, (3) observasi. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dengan melihat berbagai rumusan masalah dan tujuan penelitian maka dapat dibuat suatu kesimpulan bahwa : Ada pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022.2023. Hal ini ditunjukkan oleh adanya pengaruh terhadap prestasi belajar pada uji hipotesis fhitung = 5.695 > 3.403 untuk taraf signifikan 5% dengan ftabel =df2 (n-k-2) = f (2:24) = 3.403 sehingga berdasarkan kriteria pengujian yaitu fhitung > ftabel Maka dapat disumpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pengujian hipotesis pada uji t pada disiplin belajar (X1) diperoleh = 0,936, pada angket lingkungan belajar (X2) diperoleh = 0,848 dan angket pada prestasi belajar (Y) 0,772 dan dikonfirmasikan pada ttabel sebesar 0,388. Sehingga berdasarkan pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Gulo, T. kasih, & Lase, A. . (2023). Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 560–570. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18129
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Talenta kasih Gulo, Asali Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).