Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18059Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian dimana hasil belajar siswa rata-rata dibawah KKM sehingga banyak hasil belajar yang tidak tuntas pada mata pelajaran IPS terpadu dan penerapan pembelajaran yang masih belum optimal dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Konstruktivisme di kelas VIII di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam Proses pembelajaran IPS Terpadu. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi Penelitian ini dilakukan di kelas Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Berdasarkan hasil yang ditemukan peneliti di lokasi penelitian, diketahui bahwa: (1) Hasil observasi guru pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) mencapai ratarata rata 62,49% sedangkan pada Siklus II (pertemuan 1 dan 2) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mencapai rata-rata 84,82%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 47,54% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata mencapai 85,45%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I, diperoleh rata-rata yaitu 71,44% pada siklus II meningkat menjadi 85,61%. (4) persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 65,21%, dan siklus II mencapai sebesar 100%. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Telaumbanua, K., & Lase, A. . (2023). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 582–591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18059
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Krisdayanti Telaumbanua, Asali Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).