Pengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya Kabupaten Oku Tahun Ajar 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11791Abstract
Kemampuan berbicara merupakan salah satu tahap perkembangan bahasa anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya OKU Tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy Eksperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Non Equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini 24 anak kelas B1 dan B2 di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya OKU. Kelompok eksperimen menggunakan media diorama dan kelompok kontrol menggunakan media kartu bergambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis t-test. Dari hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media diorama dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75,6 sedangkan kelompok kontrol 68, kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,07387. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,62347 > 2,07387), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya media diorama memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di Tk Aisyiyah Bustuanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya OKU.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Putri, D. R. ., Fahmi, F., & Oktamarina, L. . (2023). Pengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya Kabupaten Oku Tahun Ajar 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5005–5018. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11791
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Delia Ramadhona Putri, Fahmi, Lidia Oktamarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).