Peran Kegiatan Bermain Permainan Tradisional Sembilun Dalam Melatih Kerjasama Anak Dengan Teman Sebaya Kelompok B2 di Paud Kosgoro Koba Bangka Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10915Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan peran kegiatan bermain permainan sembilun dalam melatih kerjasama anak dengan teman sebaya kelompok B2 di PAUD Kosgoro Koba,(2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan bermain permainan sembilun dalam melatih kerjasama anak dengan teman sebaya kelompok B2 di PAUD Kosgoro Koba. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif deskriptif dengan subjek penelitian anak kelas kelompok B2 PAUD Kosgoro Koba dan informan penelitian ini yakni guru wali kelas dan kepala sekolah.Teknik pegumpulan data terdiri dari observasi, wawancara serta dokumnetasi sedangkan pengujian keabsahan data dillakukan dengan teknik triangulasi serta menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman.Hasil penelitian yang beroleh yakni: 1). Peran dari permainan tradisional sembilun, kerjasama anak akan terlatih melalui dorongan, stimulasi serta menjadi wadah untuk memfasilitasi perkembangan kerjasama anak dengan teman sebaya sehingga unsur-unsur kerjasama seperti interaksi, komunikasi, tanggung jawab serta ketergantungan postif akan terbentu.2) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan bermain permainan sembilun dalam melatih kerjasama anak dengan teman sebaya kelompok B2 di PAUD Kosgoro Koba adalah antusiasme anak,kematangan, dedikasi serta ketelatenan guru.sedangkan,faktor penghambat yang peneliti temukan ialah: perbedaan jenis kelamin, konsentrasi anak yang berubah-ubah, waktu pelaksanaan yang kurang, serta kondisi lapangan yang kurang mendukung untuk kegiatan bermain permainan tradisional sembilun.Downloads
Published
2023-01-03
How to Cite
Putri, K. A. ., Hartatiana, H., & Fahmi, F. (2023). Peran Kegiatan Bermain Permainan Tradisional Sembilun Dalam Melatih Kerjasama Anak Dengan Teman Sebaya Kelompok B2 di Paud Kosgoro Koba Bangka Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 229–236. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10915
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kurnia Ade Putri, Hartatiana, Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).