Pengembangan Media Ular Tangga Gerak Kreasi Untuk Melatih Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Alhidayah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10197Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan kecerdasan kinestetik yang sangat penting untuk dilatih dan di kembangkan sejak dini, dari hasil observasi peneliti masih menemukan siswa yang kemampuan kecerdasan kinestetik nya belum sesuai tingkat perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian menggunakan metode R&D model 4-D dari Thiagarajan, subjek dalam penelitian ini adalah RA Alhidayah Palembang dengan instrument pengumpul data berupa observasi, angket, wawancara yang divalidasi oleh ahli materi, bahasa desain untuk menguji kualitas media ular tangga gerak kreasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa ular tangga gerak kreasi sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli materi yaitu 86 kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa yaitu 92 kategori valid, penilaian ahli desain yaitu 88 kategori sangat valid, sedangkan penilaian uji coba lapangan dengan angket responden tingkat keefekifan uji coba skala kecil adalah 75,71 kategori efektif dan 79,035 angket lembar wawancara kategori efektif. Sedangkan angket responden tingkat keefekifan uji coba skala besar adalah 74 kategori efektif dan 77,39 angket lembar wawancara kategori efektif.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Azhar, F. M. ., Setyaningsih, K. ., Fahmi, F., & Febriyanti, F. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga Gerak Kreasi Untuk Melatih Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Alhidayah Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11085–11090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10197
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fatah Muthi’ah Azhar, Kris Setyaningsih, Fahmi, Febriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).