Penerapan Kurikulum Montessori Dalam Membentuk Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Windsor Montessori Preschool and Kindegardent Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6207Abstract
Judul Penelitian ini adalah “Implementasi Kurikulum Terhadap karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini Di Windsor Montessori Preschool And Kidegardent Palembang”. Pentingnya kemandirian harus mulai ditumbuh kembangkan kedalam diri anak sejak dini. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Kurikulum dalam membentuk karakter kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang, bagaimana karakteristik kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang, apa saja faktor-faktor kemandirian anak Windsor Montessori Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum dalam membentuk karakter kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang, untuk mengetahui karakteristik kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang, untuk mengetahui apa saja faktor kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Windsor Montessori Palembang tahun ajaran 2020/2021 selama kurang lebih satu bulan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus model Miles and Huberman. Adapun subyek penelitian sebanyak 26 anak dengan rentang usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahawa kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang sudah berkembang secara optimal. Kemandirian yang tampak pada anak seperti: anak sudah dapat melakukan kegiatan seharai hari, seperti memakai sepatu dan kaus kaki sendiri, anak sudah dapat bersosialisasi dengan teman sebaya, anak mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, anak tidak mendapat bantuan dari orang lain ketika mengerjakan sesuatu. Kemandirian anak di Windsor Montessori Palembang dipengaruhi oleh adanya implementasi kurikulum dalam peroses pembentukan karakter, yang kemudian semua peraturan itu di terapkan kepada anak saat peroses pembelajaran.Downloads
Published
2022-08-21
How to Cite
Purwanti, R. ., Marlina, . L. ., & Oktamarina, L. . (2022). Penerapan Kurikulum Montessori Dalam Membentuk Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Windsor Montessori Preschool and Kindegardent Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4687–4699. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6207
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ria Purwanti, Leni Marlina, Lidia Oktamarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).