Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Negeri Karangpelem 01 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11672Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD N Karangpelem 01 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Desain yang digunakan penelitian ini adalah one group preangket-postangket design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N Karangpelem 01 Kedawung Sragen yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Uji coba penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangpelem 01 Kedawung Sragen. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata hasil preangket sebesar 62,07 dan nilai rata-rata hasil postangket sebesar 68,23. Diperoleh hasil thitung = 4,494 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,045. Jika dibandingkan maka hasilnya 4,494 > 2,045 sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Maka dinyatakan “Ada Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Negeri Karangpelem 01 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Motivasi Belajar, Tematik Integratif.Downloads
Published
2023-01-21
How to Cite
Rahmadila, B., Hartini, S. ., & Handini, O. . (2023). Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Negeri Karangpelem 01 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5060–5068. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11672
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Berliana Rahmadila, Sri Hartini, Oktiana Handini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).