Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas III dalam Pembelajaran Tematik Integratif di SD Negeri Sambiduwur 1 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11579Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik kelas III dalam pembelajaran tematik integratif di SD Negeri Sambiduwur 1 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sambiduwur 1 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 5 peserta didik, guru kelas III, dan orang tua dari peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model interaktif. Adapun langkah-langkah analisisnya dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas III dalam pembelajaran tematik integratif di SD Negeri Sambiduwur 1 yaitu: 1.) peserta didik mengalami kesulitan membedakan mata pelajaran dalam satu pembelajaran 2.) peserta didik kesulitan dalam mengerjakan tugas/PR. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik kelas III dalam pembelajaran tematik integratif yaitu: Faktor Internal: peserta didik memiliki daya fikir yang rendah 2.) kebiasaan belajar peserta didik 3.) peserta didik kurang maksimal dalam menerima materi pembelajaran. Faktor Eksternal: 1.) fasilitas dan sarana prasarana sekolah yang belum lengkap 2.) perhatian dan motivasi dari orang tua yang masih kurang 3.) pengaruh teman bermain di lingkungan.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Yohana, L. ., Sugiaryo, S., & Handini, O. . (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas III dalam Pembelajaran Tematik Integratif di SD Negeri Sambiduwur 1 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3544–3548. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11579
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Losa Yohana, SugiaryoM Oktiana Handini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).