Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11622Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas 3 SD N 1 Parangharjo yang semula menggunakan model pembelajaran konvensional menjadi kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Parangharjo Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Waktu penelitian dari bulan Juni 2022 hingga bulan Juli 2022. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD N 1 Parangharjo yang berjumlah 26 peserta didik. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan pada pembelajaran tematik integratif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam Penelitian Tindakan Kelas terdapat beberapa prosedur penelitian yang terdiri dari : (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif kritis dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal, siklus I sampai siklus II. Pada siklus awal peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 16 peserta didik yang tuntas mencapai 62,53% dan pada siklus II sebanyak 19 peserta didik yang tuntas mencapai menjadi 84,62%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis menyatakan : ’’ Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD N 1 Parangharjo tahun pelajaran 2021/2022” dapat diterima kebenarannya.Downloads
Published
2023-01-16
How to Cite
Dwiyanti, V. ., Sugiaryo, S., & Handini, O. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3829–3834. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11622
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Vera Dwiyanti, Sugiaryo, Oktiana Handini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).