Pengaruh Model Cooperative Learning Type Jigsaw untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Rifqi Taufiqul Hakim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tia Lahera Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10182

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas terkadang terlaksana dengan monoton, selanjutnya rendahnya pencapaian hasil belajar siswa di dalam kelas, dan rendahnya inovasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam permasalahan ini guru harus bisa melakukan kegiatan pembelajaran yang bersifat dua arah atau pembelajaran yang berpusat pada siswa bisa menggunakan model pembelajaran cooperatif type jigsaw akan lebih efektif. Dalam pembelajaran IPS siswa diprioritaskan agar dapat memiliki keterampilan sosial, karena melalui keterampilan sosial inilah siswa akan dapat bekerja sama dengan baik dan berkomunikasi dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research). Dalam penelitian yang dilakukan pada studi pustaka ini yaitu dengan cara membaca buku serta sumber data yang memuat data dari berbagai literatur.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Hakim, R. T. ., Lahera, T. ., & Rustini, T. . (2022). Pengaruh Model Cooperative Learning Type Jigsaw untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11008–11012. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10182