Upaya Membangun Minat Siswa Terhadap Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11543Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan upaya-upaya yang dapat dilakukan guru dalam membangun minat siswa terhadap pembelajaran IPS. Mengingat pembelajaran IPS terutama di sekolah dasar masih menggunakan metode dan media yang konvensional. Hal ini membuat pembelajaran IPS kurang diminati oleh siswa, hingga siswa merasa cepat bosan. Peneliti melalui studi literatur mengkaji beberapa sumber yang relevan seperti artikel ilmiah dari jurnal yang valid. Hasil penelitian ini menggambarkan ada beberapa upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dengan pembelajaran IPS. Pengembangan media pembelajaran yang digunakan seperti pemanfaatan digitalisasi, pengembangan media video, pemanfaatan permainan dan pengembangan metode pembelajaran seperti metode bermain peran dan mind mapping merupakan hasil kajian dari peneliti. Perkembangan teknologi yang semakin pesat harus dimanfaatkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Guru juga harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media dan metode pembelajaran IPSnya. Akan tetapi berbagai upaya tersebut harus mempertimbangkan dari segi materi yang akan diajarkan dan gaya belajar siswaDownloads
Published
2023-01-14
How to Cite
Apriliani, S. L. ., Septian, R. N. ., & Rustini, T. . (2023). Upaya Membangun Minat Siswa Terhadap Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3410–3414. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11543
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Silviana Lilis Apriliani, Ratih Novi Septian, Tin Rustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).