Pengaruh Model Cooperative Learning Type Jigsaw untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10182Abstract
Kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas terkadang terlaksana dengan monoton, selanjutnya rendahnya pencapaian hasil belajar siswa di dalam kelas, dan rendahnya inovasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam permasalahan ini guru harus bisa melakukan kegiatan pembelajaran yang bersifat dua arah atau pembelajaran yang berpusat pada siswa bisa menggunakan model pembelajaran cooperatif type jigsaw akan lebih efektif. Dalam pembelajaran IPS siswa diprioritaskan agar dapat memiliki keterampilan sosial, karena melalui keterampilan sosial inilah siswa akan dapat bekerja sama dengan baik dan berkomunikasi dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research). Dalam penelitian yang dilakukan pada studi pustaka ini yaitu dengan cara membaca buku serta sumber data yang memuat data dari berbagai literatur.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Hakim, R. T. ., Lahera, T. ., & Rustini, T. . (2022). Pengaruh Model Cooperative Learning Type Jigsaw untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11008–11012. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10182
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rifqi Taufiqul Hakim, Tia Lahera, Tin Rustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).