This is an outdated version published on 2022-11-29. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN NILAI EKONOMI TIKAR PANDAN MENJADI B-CRAFT MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA KEPENUHAN BARAT KECAMATAN KEPENUHAN

Authors

  • Ramses Hutagaol STKIP Rokania
  • Agung Setiawan STKIP Rokania
  • Safrudin Safrudin STKIP Rokania
  • Sri Wahyudi STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9545

Keywords:

Nilai Ekonomi, Tikar Pandan, Pemberdayaan

Abstract

Di Desa Kepenuhan Barat terdapat banyak warga masyarakat yang mata pencarianya menghasilkan tikar dengan bahan baku dari Daun Pandan dan Daun Rumbai. Selain Daun Panda di Daerah ini banyak juga ditemukan Daun Rumbai yang karakteristiknya hampir mirip dan sama tinkat ketahanannya lebih bagus dari daun pandan. Selama ini masyarakat Desa Kepenuhan Barat hanya memanfaatkan daun pandan menjadi anyaman tikar. Dari hal tersebut menginovasi hasil ayaman daun pandan dan Rumbai menjadi B-Craft yang mempuanyai nilai jual dari tikar yang seharga Rp.120.000. Menjdi Karya Inovatif sandal,tas, alas kaki, tempat tissue, dan miniatur bagunan dengan kiraran harga Rp.170.000. maka pemberian pelatihan dan pendampingan membantu ibu-ibu lebih produktif dan meningkatkan perekonomian keluarga

References

Abdulloh, Ma’aruf. 2011. Wirausaha Berbasis Syariah. Banjarmasin : Antasari Perss.

Ahmad Septiawan Badawi. ”Pemberdayaan Ekonomi Anggota Koperasi Serba Usaha Tangerang Kuat Sejahtera melalui (TKS) MART.” dalam jurnal Skripsi Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.2016.

Aprilia. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan Nelayan Muara Angke, Jakarta : (Skripsi.UIN Syarif Hidayatulloh 2016).

Aziz, Moh Ali dkk.2005. Dakwah Pemberdayaan Masyarakat : Paradigma Aksi Metodologi.Yogyakarta : Pustaka Pesantren.

Alfitri, Community Development: Teori dan Aplikas), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011),

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being

pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Bagus, Baidhawi,dan Irham Zaki. Implemtasi Konsumsi Islami Pada Pengajar Pondok Pesantren.dalam jurnal JESTT Vol 1 No.9 September 2014, Universitas Airlangga.

Boediono. 2002. Pengantar Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Budi, Astoni. Peran Koperasi Mina Jaya DKI Jakarta dalam Pengembangan

Ekonomi Masyarakat Nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara.(Skprisi, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta,2009).

Edi Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial & pekerjaan sosial, (Bandung: Refika Aditama, 2017), hlm.57

Esrom Aritonang, dkk., Pendampingan Komunitas Pedesaan, (Jakarta:Sekretariat Bina Desa, 2001)

Departemen Perdagangan republik Indonesia (2008). Pengembangan EkonomiKreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025.

Soetomo, Pemberdayaan Masyarakat (Mungkinkah Muncul Antitesisnya), (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2011)

Isbandi Rukminto Adi, IntervensiKomunitas Pengembangan Masyarakat, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008),

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

Mami Suciati, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sekolah Perempuan: Studi terhadap PNPM Peduli-Lakpesdam NU Bantul, Yogyakarta : N Sunan Kalijaga, 2014

Nandang Mulyana, Moch Zainuddin, “Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Coorporate Social Reponsbility (Kasus Pelaksanaan CSR oleh PT Pertamina UP-IV Balongan)”, dalam Prosiding KS: Riset & PKM, Vol. 4 No. 1

UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan DaerahMenegaskan Terkait tentang Memberdayakan Masyarakat, Menumbuhkembangkan Prakarsa dan Kreativitas, serta Meningkatkan Peran Serta Masyarakat. UU Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas)

Ravik Karsadi, “Pemberdayaan Masyarakat untuk Usaha Kecil dan Mikro (Pengalaman Empiris di Wilayah Surakarta Jawa Tengah)”, dalam Jurnal Penyuluhan, Vol. 3 No. 2, September 2007

Downloads

Published

2022-11-29

Versions

How to Cite

Hutagaol, R. ., Setiawan, A. ., Safrudin, S., & Wahyudi, S. . (2022). PENGEMBANGAN NILAI EKONOMI TIKAR PANDAN MENJADI B-CRAFT MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA KEPENUHAN BARAT KECAMATAN KEPENUHAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1955–1959. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9545

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.