PELATIHAN WEBSITE E-BUSINESS UNTUK UMKM USAHA KULINER PADA AYAM GEPREK SEKAWAN TEMBILAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8583Keywords:
Website, E-Business, Marketing, Umkm, TembilahanAbstract
Pelatihan E-Business bisnis kuliner untuk UMKM dalam hal sistem informasi pelayanan dilatarbelakangi oleh kemajuan di bidang teknologi, mendukung perkembangan teknologi internet sehingga mendukung perkembangan bisnis. Penjual tidak perlu mengalami kesulitan dalam penjualan karena dapat dilakukan secara offline maupun online. Penjualan secara online diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha. Layanan ini untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang diperoleh Ayam Geprek Sekawan setelah menggunakan sistem penjualan E-Business dan untuk mengetahui gambaran pengaruh E-Business terhadap peningkatan pendapatan usaha Ayam Geprek Sekawan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan UMKM, Wawancara, dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah total pendapatan dari memulai usaha sampai sekarang dan 61 konsumen dan sampel adalah pendapatan 9 bulan sebelumnya. Menggunakan E-Business dan 9 bulan setelah menggunakan E-Business dan 61 konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara E-Business dengan Pendapatan Usaha Ayam Geprek Sekawan. Untuk meningkatkan kemampuan menggunakan Website E-Business diharapkan peserta dapat menggunakan komputer dan memahami cara mengatasi kesalahan sistem.References
Ajib Susanto, Christy Atika Sari, De Rosal Ignatius Moses, Eko Hari Rachmawanto, I. U. W. M. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku, 3(1), 42–51. http://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/download/64/45
Muhammad Susilo, Rezki Kurniati, K. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Setia, L. D., & Kumalawati, L. (2018). Pendampingan Implementasi Aplikasi E- Commerce Sate Ayam Online Khas Ponorogo. Dikemas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 13–19. http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/article/download/280/144
Siti Aisyah, Rizky Amelia, Ika Sabrina, T. S. (2021). Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko Lili Dengan Penerapan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA), 5(1), 33–36. https://doi.org/10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i1.1917
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108. http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-09 (2)
- 2022-11-09 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Yuli Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.