PELATIHAN READ ALOUD DENGAN MENGGUNAKAN BIG BOOK KALENDER MEJA UNTUK GURU TK DI WILAYAH WARU

Authors

  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.8551

Keywords:

Bercerita, Meningkatkan Kemampuan, Guru TK

Abstract

Kegiatan bercerita di lingkup pendidikan anak usia dini kerap dijadikan sebagai metode pembelajaran bagi guru untuk menyampaikan suatu materi tertentu. Bercerita dapat menjadi sebuah upaya untuk mengembangkan kemampuan literasi pada anak, didukung dengan karakteristik anak usia dini yang lebih sensitive dengan imajinasi dari pada materi yang membuat mereka fokus. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bercerita mulai dari lingkungan belajar, situasi hati anak, kondisi lingkungan untuk belkajar dan salah satunya yaitu pemilihan media pembelajaran yang digunakan. Namun, masih sering ditemukan Guru di wilayah Waru, kabupaten Sidoarjo yang belum memperhatikan pemilihan media yang tepat untuk bercerita secara klasikal. Maka TIM PKM memberi solusi berupa pelatihan read aloud yang dilaksanakan dengan media BIG BOOK Kalender Meja. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TK dalam melakukan kegiatan bercerita khususnya read aloud, juga untuk memudahkan para guru dalam pembelajaran literasi anak usia dini. Sasaran dari kegiatan pelatihan read aloud ini adalah guru TK gugus 5 Waru yang berjumlahkan 6 lembaga dibawah naungan IGTKI Kecamatan Waru, Sidoarjo. Program PKM ini memiliki tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Laporan program pengabdian kepada masyarakat ini nantinya dilengkapi dengan sertifikat bagi peserta pelatihan, angket peserta, bukti dokumentasi pelaksanaan program pelatihan yang terunggah di Youtube, artikel media massa online serta artikel jurnal.

References

Aritonang, B. D., Citra, I. A., Putu, N., &Tirta, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Sd. Seminar Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya (PEDALITRA I) Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa Dan Sastra, Pedalitra I, 297–309.

Turnadi. 2018. “Memaknai Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Menumbuh kembangkan Budaya Literasi.” Media Pustakawan 25(3):69.

Universitas Sanata Dharma. 2021. “Pedoman Pengabdian Masyrakat.” 27.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (1st ed.). Rajawali Press.

Piscayanti, K. S. (2014). Studi Dokumentasi Dalam Proses Produksi Pementasan Drama Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2– 3), 94–103.

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2- 3.4861

Widayati, S., &Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1), 53–59.

Parrott, K. (2017). Thinking Outside the Bin: Why Labeling Books by Reading Level Disempowers Young Readers. Retrieved from https://www.slj.com/?detailStory =thinking- outside-the-bin-why-labeling-books-by-reading- level-disempowers-young-readers.Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

Abdul Rahman, M. N., Abdul Malek, A., & Mansor, M. A. (2021). Pedagogi Responsif Budaya Menerusi Cerita Rakyat Untuk Kemahiran Literasi Awal Kanak-Kanak. Sains Insani, 6(1). https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol6no1.254

Affrida, E. N. (2018). MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DASAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK. WAHANA, 70(2). https://doi.org/10.36456/wahana.v70i2.1736

Afnida, M., & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada Tk a Di Banda Aceh. 1(1), 53–59.

Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2). https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.12

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar.

Assyahra, F., Nurdin, N., & Ismail, L. (2021). Konstruksi Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler di SMA Negeri 11 Luwu Utara. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.6015

Atio, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Bercerita dengan Metode Kamishibai. At-Turats, 10(2), 103. https://doi.org/10.24260/at-turats.v10i2.666

Awiria, A., Aryanto, S., Yohamintin, Y., & Markum, M. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL ATASI CYBERCRIME PADA MAHASISWA. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(1). https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4680

Azkiya, N. R., & Iswinarti. (2016). Pengaruh Mendengarkan Dongeng. Pengaruh Mendengarkan Dongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Prasekolah, 04(02), 123–139.

Bangsawan, I., Eriani, E., & Devianti, R. (2021). KEGIATAN BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i1.71

Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual literasi media pembelajaran buku cerita anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.16212

Fatmi, O. F., & Rakimahwati, R. (2021). Analisis Metode Sandiwara Boneka Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.248

Hamidah, N., & Mursalim. (2021). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B di Raudlatul Athfal. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.35719/preschool.v2i1.25

Hariyanti, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 106–120. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520

Herlina, V., Yarmi, G., & Yuliati, S. R. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Digital Berbasis Literasi Digital pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Bahasa Sekolah Dasar, 1(1).

Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Kemalasari, D., Widaningsih, E., & Ananthia, W. (2018). MEDIA GAMBAR BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10541

Kholifah, W. T. (2020). UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN RAMAH ANAK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Latifah, A. (2020). Pembuatan Dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Pendidikan Anak Bunayya, VI(2).

Mawadah, A. H. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. As-Sibyan?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Mugiharto, M. M. (2015). Pengembangan Buku Cerita Bergambar tentang Kehidupan Sehari-hari untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas XI. Didacticofrancia?: Journal Didactique Du FLE.

Nugraha, A. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mahasiswa Yang Peraktik Di Laboratorium Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Tahun Pelajaran 2016/2017. LITERASI?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(2), 153. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i2.535

Nurwida, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Telling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(2).

Pradipta, G. A. (2014). Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini pada Anak Usia PAUD di Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 3(1), 1–28.

Putri, H. (2017). Penggunaan Metode Cerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

PWI. (2020). Tingkat Literasi Masyarakat Rendah, Inilah 6 Dampak Buruknya. Www.Pwinews.Id/.

Qudsyi, H. (2013). Menanamkan Moral Pada Anak Melalui Metode Bercerita. Psikologika?: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 18(1), 25–37. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol18.iss1.art4

Quraisy, H., & Babo, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i2.446

Rakimahwati, Y. (2012). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita Improving the Moral Development of Early Age Children. Ilmiah Visi P2TK PAUD NI, 7(1), 18–41.

Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2019). KEMAMPUAN BERCERITA ANAK PRASEKOLAH (5-6 TAHUN). Jurnal Pendidikan Anak, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24458

Rosmaya, E. (2018). MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK MENGUNAKAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENCIPTAKAN BUDAYA LITERASI DI SD 1 BALAGEDOG, KECAMATAN SINDANGWANGI, KABUPATEN MAJALENGKA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.33603/cjiipd.v1i1.1179

Sari, A. K., & Nurmaniah, N. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Gerak Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Di TK ABA 06 Cabang Medan. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 6(1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i1.23212

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Siregar, W. M., Gandamana, A., & Putri, S. R. (2019). Tripusat Pendidikan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.

Sufiati, V., & Paramita, M. V. A. (2021). Bagaimana Literasi Dini dengan Cerita Sebelum Tidur? Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.32837

Sukmanandita, Y. (2020). PERAN PENGELOLA PAUD DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM GERAKAN NASIONAL ORANG TUA MEMBACAKAN BUKU (GERNAS BAKU). Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3967

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suminarti. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE SOSIODRAMA DI TAMAN KANAK-KANAK PEMATA BUNDA AGAM. Pesona PAUD, 1(1).

Uyu, M. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Wahyuningsih, Y., Sundari, N., Rustini, T., & Harsono, N. (2018). BIG BOOK SEBAGAI ALAT PENGEMBANG MEDIA LITERACY DALAM KONTEKS BUDAYA LOKAL. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10540

Wati, S., & Trinova, Z. (2019). Parenting dan Keterampilan Mendongeng Bagi Guru Taman Kanak-Kanak. 7(2).

Wicaksana, M. F. & E. A. M. (2014). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Smp Dengan Mengangkat Kepopuleran Kepahlawanan Lokal. Widyabastra, 02(1).

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1), 53–59.

Widiade, I. K. (2020). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BACA-TULIS BERBASIS SEKOLAH DI SDN 02 DAN 04 LOMBOK BARAT. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1). https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55

Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2700

Wulandari, I. (2017). Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Dongeng Pada Anak-anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 73. https://doi.org/10.14421/jbs.1156

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Zainar Sriutami, W., Fitriani, F., & Fipp, D. (2021). LITERASI MENDONGENG SEBAGAI STIMULAN AWAL PENINGKATAN MINAT MEMBACA BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD ALIF KOTA MATARAM. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA (ABDIMANDALIKA) e-ISSN 2722-824X , 2(1 Juni), 105–109.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Widayati, S., Adhe, K. R. ., Simatupang, N. D. ., & Damayanti, M. I. . (2023). PELATIHAN READ ALOUD DENGAN MENGGUNAKAN BIG BOOK KALENDER MEJA UNTUK GURU TK DI WILAYAH WARU . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.8551