SOSIALISASI STRATEGI AMAN BERTRANSAKSI DIGITAL BAGI KOMUNITAS DIGITAL MARKETER PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7642Keywords:
Keamanan, Transaksi digital, Ancaman Transaksi, UMKMAbstract
Sosialisasi tentang keamanan bertransaksi digital ini dilakukan terhadap Komunitas Digital Marketer Purwokerto sebagai UMKM yang memiliki anggota dari beragam kalangan, antara lain pelajar, baik level SMK/SMA sederajat, level mahasiswa, dan juga dari kalangan umum. Komunitas ini yang rutin melakukan sharing pengalaman dan mendatangkan pembicara berkaitan dengan strategi pemasaran produk secara umum maupun tentang tips & trik bertransaksi digital. Komunitas Digital Marketer Purwokerto memiliki beberapa tantangan dalam hal transaksi melalui media digital, salah satunya adalah kepahaman dan kesadaran pentingnya keamanan transaksi digital. Hal ini karena terbatasnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi. Metode sosialisasi yang dilaksanakan yaitu dengan cara seminar daring, dengan tujuan memberikan edukasi tentang pentingnya keamanan bertransaksi khususnya melalui media digital online. Sosialisasi sharing knowledge pada kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan sehingga Komunitas Digital Marketer Purwokerto dapat menyadari pentingnya kewaspadaan dan menerapkan keamanan langkah-langkah bertransaksi digital. Tingkat keberhasilan kegiatan sosialisasi pemahaman tentang aman bertransaksi digital ini dilandasi dari capaian angka kuesioner pre-test dan post-test kepada para peserta dengan peningkatan pemahaman sebesar 24%.References
Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15.
Atshaya, S., & Rungta, S. (2016). Digital Marketing VS Internet Marketing?: A Detailed Study. Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study, 3(1), 29–33.
Kim, J., Kang, S., & Lee, K. H. (2019). Evolution of digital marketing communication: Bibliometric analysis and network visualization from key articles. Journal of Business Research, (September), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.043
Mandal, P. (2017). Understanding Digital Marketing Strategy. International Journal of Scientific Research and Management, 5(06), 5428–5431. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i6.11
Minculete, G., & Olar, P. (2018). Approaches to the Modern Concept of Digital Marketing. International Conference KNOWLEDGE-BASED ORGANIZATION, 24(2), 63–69. https://doi.org/10.1515/kbo-2018-0067
Wajong, A. M. R., & Putri, C. R. (2010). Keamanan Dalam Electronic Commerce. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 1(2), 867.
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-17 (3)
- 2022-10-18 (2)
- 2022-10-18 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adam Prayogo Kuncoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.