APLIKASI FITUR BELANJA SEBAGAI UPAYA DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL

Authors

  • Nurul Alfian Universitas Madura
  • Rohmaniyah Rohmaniyah Universitas Madura
  • Leily Nur Indah Fitriana Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7097

Keywords:

Fitur belanja; Digitalisasi, Pasar Tradisional; Pandemi; Aplikasi

Abstract

Sejak masa pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan masyarakat mengurangi aktivitas keluar rumah termasuk aktivitas berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, sistem penjualan suatu perusahaan merupakan hal penting untuk diperhatikan pada suatu sistem yang tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi. Salah satunya Pasar tradisional Panempan menjadi wadah utama penjualan produk-produk kebutuhan pokok yang dihasilkan oleh para pelaku ekonomi berskala menengah, kecil, serta mikro yang sebagian besar merupakan produk hasil perikanan dan pertanian. keberadaan pasar tradisional sebagai sarana penjualan produk-produk hasil pertanian sangat dibutuhkan oleh masyarakat menengah kebawah. Keluhan utama dari pedagang selama masa pandemi yaitu turunnya omset penjualan karena sepi pembeli yang diperkirakan sebanyak 25% sampai 30%. Pelatihan pembuatan aplikasi ini dilakukan agar mempermudah para pedagang dan konsumen dalam melakukan aktivitas jual beli tanpa harus melakukan kegiatan di luar rumah. Sehingga pada akhirnya pasar tradisional akan mulai menjajaki pasar untuk memasarkan, mempromosikan dan menjual produknya. Penjualan akan dilakukan secara offline yaitu di pasar tradisional dan online dengan memanfaatkan teknologi berbasis web. Aplikasi online yang akan penulis rancang dalam penelitian ini menggunakan dari konsep pasar tradisional yang didigitalisasi menggunakan ecommerce. Dengan menggunakan kombinasi metode partisipatif dan waterfall.

References

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2).

Harahap, D. A. (2020, April 14). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Menangani Pandemi Covid-19 dan Tren Pembelian Online. Opini Radar Bandung, p. 9.

Ishak, Asmai. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja Online: Sebuah Studi Tentang Penyebab (Antecendents) Dan Konsekuensi (Consequents). Jurnal Siasat Bisnis Vol 16 (2), hal 141-154.

Indrajani, Wily. 2007. Analisa Dan Perancangan Sistem Penjulan Berbasis Web Pada PT. Sarang Imitasi.

Laming, S. (2020). Tren E-Commerce Pada Era pandemic Covid-19. Humano: Jurnal Penelitian, 11 (2), 55-63.

Radjasa, Ocky K. 2018. Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi XII. DRPM Dikti. Jakarta.

Downloads

Published

2022-11-04 — Updated on 2022-11-04

Versions

How to Cite

Alfian, N., Rohmaniyah, R., & Fitriana, L. N. I. . (2022). APLIKASI FITUR BELANJA SEBAGAI UPAYA DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1592–1596. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7097