PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU: PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN TULIS ARAB DI MI ATTABI`IYAH

Authors

  • Ali Ma` Sum Universitas YARSI
  • Irwandi Muhammad Zen Universitas YARSI
  • Afrizal TW Universitas YARSI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27384

Keywords:

Kompetensi, Profesional, Guru, Madrasah, Tulis, Arab

Abstract

Terampil menulis Arab merupakan salah satu kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh guru madrasah. Di jenjang pendidikan dasar, guru madrasah tidak hanya dituntut untuk terampil menulis Arab namun juga harus memahami metode pembelajaran dan pengajaran menulis huruf Arab yang tepat. Untuk mencapai hal tersebut maka guru madrasah perlu ditingkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis Arabnya melalui kegiatan pelatihan atau workshop. Kegiatan pengabdian di Madrasah Ibtidaiyah Attabi`iyah Cinere dilakukan dalam bentuk pelatihan. Peserta pelatihan merupakan guru aktif di madrasah. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan drilling. Dari kegiatan yang berlangsung selama dua tahap ini didapati bahwa keterampilan guru di madrasah ibtidaiyah Attabi`iyah menunjukkan peningkatan setelah mengikuti pelatihan. Hal ini dapat diketahui dari perbandingan hasil tes di mana pada pre-test guru mendapati nilai 85.0 dan pada post-test mendapati nilai 98.2 atau terjadi peningkatan nilai sekitar 13.2. Hasil post-test menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang diadakan oleh tim pengabdian kemasyarakan telah memberikan dampak terhadap peningkatan kompetensi professional guru madrasah dalam menulis Arab

References

Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85.

Aliyya Laubaha, S., Yasin, Z., & Zikran Adam, M. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 98–108. https://doi.org/10.58194/as.v1i2.475

Andriani, A. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Uktub: Journal of Arabic Studies, 3(1), 22–40. https://doi.org/10.32678/uktub.v3i1.7854

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Farida, E. (2013). Kemampuan Baca-Tulis al-Qur’an Dan Penguatan Agama siswa Madrasah Tsanawiyah di 8 Kota Besar di Indonesia. In EDUKASI (Vol. 11, Issue 3).

Irfan, H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Iman Bandung). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 129–152.

Ngalim, P. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Sum, A. M., Zen, I. M. ., & TW, A. . (2024). PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU: PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN TULIS ARAB DI MI ATTABI`IYAH . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27384

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.