PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER DI SD 004 BANGKINANG

Authors

  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Moh. Fauziddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • muhammad Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.522

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Siswa, Karakter

Abstract

Pengelolaan karakter pembelajaran PKn di SD 004 Bangkinang. Penelitian ini dilakukan di SD 004 Bangkinang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian adalah trianglasi. Hal ini di tunjukkan bahwa Guru tidak memahami (1) perencanaan pembelajaran PKn Berbasis Karakter di SD 004 Bangkinang dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar pelajaran PKn untuk memfasilitasi guru ketika memasukkan nilai karakter yang akan diberikan kepada siswa. Nilai karakter dalam rencana pelajaran didasarkan pada standar kompetensi. (2) Pelaksanaan pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Karakter dilihat dari proses pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap. Belajar dimulai dengan kegiatan pembukaan yang terdiri dari berdoa dan menyanyikan lagu nasional. Kegiatan inti terdiri dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Nilai-nilai karakter untuk kegiatan eksplorasi termasuk rasa ingin tahu, semangat nasionalisme dan patriotisme. Nilai-nilai karakter untuk kegiatan elaborasi termasuk keberanian, kepercayaan diri dan kerja sama. Penutupan dilakukan dengan berdoa dan menyapa sebelum meninggalkan ruang kelas. (3) Evaluasi pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Karakter di SD 004 Bangkinang terdiri dari dua kegiatan, penilaian kognitif, dan penilaian afektif. Penilaian kognitif dilakukan dengan memberikan pertanyaan berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sedangkan penilaian efektif dilakukan dengan menggunakan lembar observasi berdasarkan nilai karakter yang dicapai. Dan dari penilaian ini, dapat ditemukan tingkat nilai karakter bangsa yang dicapai oleh siswa.

Author Biographies

Mufarizuddin Mufarizuddin, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Moh. Fauziddin, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

PGPAUD

muhammad Syahrul Rizal, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Abdulkarim A. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan SD. Cet.1.

Bandung: Grafindo Media Pratama.

Berryhill. 2007. “Comparative Implications of Character Education Programs in Public Schools in Arkansasâ€. Journal of Education. Vol 1 No 1. Pg: 1-27.

Budiyanto. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Tata Negara. LAN

Hidayat, Kusnadi Supriadi. 2009. “Hubungan Manusia dan Budaya Pengertian Peran, Status, Nilai, Norma Dan Budaya/ Kebudayaanâ€. http://kusnadish.blogspot.com/2011/02/hubungan-manusia-dan-

budaya-pengertian.html. Diakses tanggal 17 Februari 2012.

Huitt. 2010. “A Holistic View of Education and Schooling: Guiding Students to Develop Capacities, Acquire Virtues, and Provide Serviceâ€. Journal of Education and Research. Vol 1 No 1. Pg: 1-30.

Kennedy, Kerry J. 2002. “Teachers’ Conversations about Civic Education: Policy and Practice in Australian Schoolsâ€. Journal of Asia Pacific Education. Vol. 3, No. 1. Pg: 69-82.

Moleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Singh dan Mr. A.R. Agwan, Encyclopaedia of the Holy Qur’ân. New Delhi: balaji Offset, 2000.

Sudrajat, Akhmad. 2010. “Konsep Pendidikan Karakterâ€. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/15/konsep- pendidikan-karakter/. Diambil pada tanggal 24 April 2010

Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara wacana

Sim, Jasmine Boon-Yee. 2005. “Citizenship Education And Social Studies In Singapore: A National Agendaâ€. International Journal of Citizenship and Teacher Education. Vol 1. No.1 Pg: 58-73

Schugurensky, Daniel and Myers, John P. 2003. “A Framework To Explore Lifelong Learning: The Case Of The Civic Education Of Civics Teachersâ€. Journal of Lifelong Education. Vol. 22, No. 4. Pg: 325–352

Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu

Downloads

Published

2020-02-18

How to Cite

Mufarizuddin, M., Fauziddin, M., & Rizal, muhammad S. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER DI SD 004 BANGKINANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.522