PELATIHAN AKUNTANSI DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK KEMANDIRIAN PANTI ASUHAN

Authors

  • Yolanda Safitri Nelaz Universitas Awal Bros
  • Dinna Nurhasanah Universitas Awal Bros
  • Neni Afriyani Universitas Awal Bros
  • Bella Putrie Nindyawan Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.52105

Keywords:

Pelatihan Akuntansi; Kewirausahaan; Panti Asuhan; Kemandirian; Pengelolaan Keuangan

Abstract

Panti asuhan memiliki peran penting dalam membantu anak-anak yatim, piatu, dan kurang mampu agar memperoleh pengasuhan, pendidikan, serta kebutuhan hidup yang layak. Namun, banyak panti asuhan menghadapi kendala dalam pengelolaan keuangan dan minimnya keterampilan kewirausahaan yang berdampak pada keberlanjutan lembaga. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas pengurus dan anak asuh panti. Pelatihan ini mencakup sosialisasi pentingnya akuntansi dan kewirausahaan, praktik pencatatan laporan keuangan sederhana, penggunaan alat bantu pencatatan manual maupun digital, serta pengembangan ide dan manajemen usaha kecil. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan, dan bimbingan agar peserta mampu menerapkan ilmu dalam kegiatan sehari-hari panti. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman pengurus dalam menyusun laporan keuangan yang lebih transparan dan akuntabel, serta tumbuhnya minat dan kemampuan kewirausahaan anak asuh melalui pengembangan unit usaha sederhana di panti. Kegiatan ini berkontribusi terhadap terciptanya sistem pencatatan keuangan berkelanjutan, peningkatan kemandirian finansial panti, dan pemberdayaan anak-anak asuh sebagai bekal menghadapi masa depan. Dengan demikian, program ini menjadi langkah nyata dalam memperkuat tata kelola lembaga sosial secara mandiri dan berkelanjutan.

References

Aqmala, A. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Anak Melalui Program Kewirausahaan di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 45-52.

Anggraini, S., & Wijaya, B. (2022). Difusi Iptek dalam Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus Pelatihan Keuangan dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Pengabdian, 7(1), 15-28.

Hamzah, R. (2023). Pengembangan Kewirausahaan Anak Asuh sebagai Upaya Pemberdayaan di Lembaga Sosial. Jurnal Manajemen Sosial, 10(3), 120-131.

Ishak, Y. (2012). Studi Praktik Akuntansi dan Tantangan Transparansi di Panti Asuhan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Sosial, 3(1), 30-40.

Sugiarto, T., Setiawan, D., & Putri, R. (2024). Pelatihan Siklus Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan di Lembaga Sosial. Jurnal Akuntansi Terapan, 8(1), 65-78.

Indria Widyastuti, Dwiyatmoko Puji Widodo, Sugiarti, Atri Nodi Maiza Putra. (2023). Pelatihan Menumbuhkan Semangat Wirausaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Panti Asuhan Sakinah Depok. Jurnal Pengabdian.

Hamzah, A. (2023). Building Accounting and Entrepreneurship Skills in an Orphanage: Training Report/Proceeding. Prosiding/paper yang melaporkan pelatihan akuntansi dan kewirausahaan bagi penghuni panti.

Puspitasari, N. F. D., et al. (2022). Community Empowerment through Financial Application Training (SIAPIK). Penguatan kapasitas keuangan komunitas melalui pelatihan aplikasi keuangan yang relevan bagi pengelola lembaga sosial. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Nelaz, Y. S., Nurhasanah, D., Afriyani, N., & Nindyawan, B. P. (2025). PELATIHAN AKUNTANSI DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK KEMANDIRIAN PANTI ASUHAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 6064–6067. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.52105

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.