PEMBERDAYAAN DESA WISATA MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN STRATEGI PERHITUNGAN HARGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51669Keywords:
Desa Wisata, Digitalisasi, Startegi HargaAbstract
Kegiatan Progran Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bekerjasama dengan Jaringan Ekowisata Desa (JED) yang menaungi 10 desa wisata di Bali. Kegiatan PKM berfokus pada peningkatan kapasiras pemasaran digital dan keuangan bagi pengelola desa wisata. Dua permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah belum adanya sistem penetapan harga yang terstruktur dan terbatasnya kemampuan dalam mengelola pemasaran digital secara efektif.Melalui program ini, tim melakukan serangkaian kegiatan yang mencakup sosialisasi, pelatihan akuntansi dasar untuk penentuan harga pokok produksi (HPP), serta pelatihan pemasaran digital dengan fokus pada pengelolaan media sosial dan penyusunan konten.Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap prinsip penetapan harga yang adil dan berbasis biaya riil, serta kemampuan mengelola media sosial dengan lebih profesional dan konsisten sesuai citra JED.Program ini juga berkontribusi dalam penguatan kelembagaan desa wisata melalui penerapan sistem pencatatan keuangan sederhana, perencanaan konten promosi yang terjadwal, serta terbentuknya kesadaran akan pentingnya literasi digital dan keuangan dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan.References
Buhalis, D., & Amaranggana, A. (2015). Smart Tourism Destinations Enhancing Tourism Experience Through Personalisation of Services. Information and Communication Technologies in Tourism 2015, 377–389. https://doi.org/10.1007/978-3-319-14343-9_28
Faiqoh, D. N., Kusnawan, A., Saputro, A., Muhdaliha, E., Jemmy, J., Budi, U., & Corresponding, L. (2025). Transformative Experience in Implementing FinTech-Based Pricing Strategy to Optimize UMKM Revenue Growth in the Digital Era. Indonesian Journal of Banking and Financial Technology (FINTECH), 3(2), 157–170. https://esaformosapublisher.org/index.php/fintech
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.
Laily, N., Sulikah, Herdiani, A., Ardhani, L., Devi, E. R., & Wulansuci, R. (2023). Penerapan Pricing Menciptakan. V(2), 17–26.
Oka, I. M. D., Sumawidari, I. A. K., & Suparta, I. K. (2024). The Role of Digital Marketing in Promoting Taro Tourist Village (Vol. 2024). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-622-2_75
Rodrigues, S., Correia, R. F., & Martins, J. (2021). Digital Marketing Impact on Rural Destinations Promotion : A conceptual model proposal. 2021 16th Iberian Conference on Information Systems and Technologies (CISTI), 1–8. https://doi.org/10.23919/CISTI52073.2021.9476533
Rosita, R., Manullang, M., Kusumastuti, R., Pramayanti, D. I., & Sitorus, S. A. (2022). Online Marketing on Pricing Strategies for the Indonesian Tourism Industry Products During the Covid-19 Pandemic. Geojournal of Tourism and Geosites , 44(4), 1022–1029. https://doi.org/10.30892/gtg.43322-916
Shantilawati, I., Anindya, A., & Suryadi, I. (2024). Penerapan Pricing Strategy Dalam Manajemen Bisnis Pada Umkm (Studi Kasus Kopi Janji Jiwa). Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 929. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1065
Yadi Heryadi, D., Fitriyatul Bilgies, A., Nawangwulan, I. M., Anantadjaya, S. P., & Wahyuono, B. A. (2023). the Influence of Pricing Strategy and Consumer Trust on Purchase Decision Through Whatsapp Application of Organic Vegetables Products. Communnity Development Journal, 4(4), 7002–7008.
Zhang, Ziang, Zhang, Huiying, Lin, Michael S, & Jia, Wentong. (2024). Is more rural digitization always better for tourism? An innovative multiscale spatial perspective. Tourism Economics, 31(2), 285–308. https://doi.org/10.1177/13548166241273607
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luh Diah Citra Resmi Cahyadi, Rai Gina Artaningrum, Eka Putri Suryantari, I Wayan Suarjana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










