PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK PELAKU UMKM DI DESA KETAPANG TELU LAMONGAN

Authors

  • Dhita Dhora Damayanti Universitas Islam Lamongan
  • M. Khafidz Abdullah Universitas Islam Lamongan
  • Ahmad Zaky Ubaidillah Universitas Islam Lamongan
  • Fauzil Adhim Febrian Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51577

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Branding, Visual Packaging, Pemasaran Daring

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemasaran digital dan kualitas kemasan produk UMKM di Desa Ketapang Telu, Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil survei, teridentifikasi 11 produk UMKM, kemudian dipilih tiga produk unggulan yakni bonggolan, kerupuk ikan, dan ikan asap berdasarkan daya tahan, cita rasa khas, ketersediaan bahan baku, dan peluang pasar. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research(PAR) yang melibatkan pelaku UMKM secara aktif dalam setiap tahapan. Kegiatan meliputi perancangan visual packaging baru, pelatihan pemasaran digital, pembuatan akun media sosial dan marketplace, serta pembuatan website resmi UMKM desa yang terintegrasi dengan Google Maps dan fitur pembelian langsung. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa seluruh produk UMKM memperoleh kemasan yang lebih menarik dan informatif, sementara pemasaran daring melalui website dan media sosial memperluas jangkauan pasar. Dua minggu setelah pelatihan dan peluncuran website, sebagian besar pelaku usaha mengalami peningkatan penjualan. Kegiatan ini membuktikan bahwa kombinasi strategi branding dan digitalisasi pemasaran efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM desa serta mendorong adaptasi teknologi di kalangan pelaku usaha lokal.

References

Ampuero, O., & Vila, N. (2006). Consumer perceptions of product packaging. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 100–112. https://doi.org/10.1108/07363760610655032

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Profil UMKM Indonesia.

Lestari, R. (2021). Transformasi digital UMKM melalui pemanfaatan media sosial dan marketplace pada Ikatan Pengusaha Aisyiyah Sleman (IPAS). Jurnal Sosial Budaya, 8(2), 101–112. https://www.bk3s.org/ojs/jsb/article/view/37

McIntyre, A. (2008). Participatory Action Research. SAGE Publications.

Mulyani, N., & Rifa’i, M. (2021). Digitalisasi UMKM di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Strategi Adaptif. Jurnal Ekonomi Digital, 4(2), 101–115.

Nasution, M. Z. (2022). Kesenjangan Digital dan Implikasinya terhadap Pertumbuhan UMKM di Wilayah Perdesaan. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 10(3), 233–248.

Prasetyo, A., Wibowo, T., & Nuraini, D. (2022). Digitalisasi UMKM desa melalui penerapan e-commerce, pembayaran digital, dan pembukuan berbasis aplikasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 4(1), 15–28.

Rahmawati, D., & Santoso, H. B. (2013). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi usaha kerajinan tangan di Palembang. Journal of Information Systems, 9(2), 45–54. https://arxiv.org/abs/1312.3532

Santoso, A., & Wibowo, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Penjualan UMKM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 65–72.

Sari, M., & Nugroho, A. (2023). Integrasi solusi digital dalam operasional UMKM untuk peningkatan daya saing dan pertumbuhan ekonomi. Sammajiva: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–64. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/SAMMAJIVA/article/view/1499

Suharto, E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Teori, Kebijakan, dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Underwood, R. L. (2003). The communicative power of product packaging: Creating brand identity via lived and mediated experience. Journal of Marketing Theory and Practice, 11(1), 62–76. https://doi.org/10.1080/10696679.2003.11501933

Yasin, M., & Shamim, A. (2013). Brand packaging and consumer buying behavior: A case of FMCG products. International Journal of Business and Management Invention, 2(9), 36–43.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Damayanti, D. D., Abdullah, M. K., Ubaidillah, A. Z., & Febrian, F. A. (2025). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK PELAKU UMKM DI DESA KETAPANG TELU LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5711–5716. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51577

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.