OPTIMASI FUNDRAISING DAN BRANDING UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF BADAN SANTUNAN YATIM DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.45529Keywords:
Fundraising Strategy, Nonprofit Branding, Community Empowerment, DepokAbstract
Anak-anak yatim merupakan kelompok yang membutuhkan perhatian dalam aspek pendidikan dan kemandirian ekonomi. Badan Santunan Yatim RW 05, 06, dan 07 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, sebagai lembaga sosial yang menaungi pelajar yatim, menghadapi kendala dalam menjaga keberlanjutan program karena lemahnya strategi fundraising dan manajemen branding. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengurus dalam merancang strategi komunikasi yang lebih efektif melalui pelatihan tentang dasar-dasar branding, storytelling, serta penyusunan strategi fundraising terstruktur. Metode yang digunakan adalah service learning dengan pendekatan partisipatif, melibatkan mitra sejak tahap perencanaan hingga evaluasi. Kegiatan dilaksanakan dalam empat sesi pelatihan yang mencakup teori dan praktik langsung seperti simulasi kelompok, studi kasus, dan penyusunan rencana fundraising. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap pemahaman peserta, dibuktikan dengan kenaikan skor post-test dari 55% menjadi 80%. Peserta juga mampu menyusun identitas branding sederhana dan rencana penggalangan dana jangka pendek. Kegiatan ini membuktikan bahwa intervensi berbasis pelatihan branding dan fundraising efektif dalam membangun kapasitas kelembagaan organisasi sosial, khususnya dalam menarik minat dan kepercayaan donatur secara berkelanjutan.References
Abdullah, M. A. (2024). Dampak Orphan Sponsorship Program Terhadap Anak Yatim Aceh: Kolaborasi Hasene Dan Kafalah Indonesia. LaKaspia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.69548/ljpm.v1i2.10
Andra, M. B. A., Hermaliani, E. H., Subekti, A. S., & Haris, M. H. (2024). Pengenalan Big Data Dan Pembuatan Aplikasi Database Dengan NocoDB Pada Badan Santunan Yatim Pondok Cina Depok. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 4(2), 183–189.
Ardhiarisca, O., & Sari, L. N. (2024). Analisis Pengaruh Tranparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Terhadap Tingkat Kepercayaan Donatur: Studi Kasus Pada Yayasan Yarhima. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 288–295. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2833
Aripudin, A., & Marfuah, L. A. (2024). Peran Komunitas Peduli Anak Yatim Piatu Dalam Meningkatkan Kesejahteraaan Anak. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 9(1), 103–122. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/tamkin.v9i1.24802
Basudani, W. A., Mulyadi, H., Simamora, V. T., & Purwanto, O. E. (2024). Membangun Generasi Digitalpreneur Melalui Pelatihan Keterampilan Digital Marketing Bagi Badan Santunan Yatim, Margonda, Depok. Indonesian Journal of Society Engagement, 5(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33753/ijse.v5i1.151
Cahyadi, N., & Respati, P. P. (2024). Brand Reputation, Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Donatur. Jurnal Manajerial, 11(02), 276–291. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v11i02.7560
Fadilah, I., Rahayu, E. S., & Gamayanti, W. (2022). Pemberdayaan Karang Taruna Melalui Digital Branding ‘Sabun Sahati’ Sebagai Alternatif Pendanaan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2(1).
Handayani, F., Rezeki, P. W. A., Sufianti, E., & Wijayanti, R. (2024). Evaluasi Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi Pada Yayasan Tunas Mulia Bantargebang. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8(1), 397–405.
Hidayanto, S., Tofani, A. Z., Pratiwi, A. P., Rahmah, S., Alfurqaan, D., & Christian, P. (2022). Aksi Sosial Di Internet: Peran Social Media Influencer Sebagai Aktor Dalam Crowdfunding Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 4(1), 13–29.
Listanti, M., Nurdin, R., & Hasnita, N. (2021). Analisis Strategi Fundraising Dalam Mengoptimalkan Penerimaan Zakat Di Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat. Journal of Sharia Economics, 2(1), 22–41.
Pramita, E., Asmawardani, E. D., Putra, A. S., Ismail, M., Amin, N. A. F. T., & Ilham, M. (2025). Implementasi Strategi Marketing Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Minat Calon Donatur Di Panti Asuhan Bilyatimi Surabaya. Journal of Islamic Management, 5(1), 1–28.
Rahmani, T. F., & Hidayat, D. (2024). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melakukan Rebranding Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(1), 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6047
Rusli, T. S., Boari, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, Syarfina, CS, A., Syahruddin, Amiruddin, & Yuniwati, I. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Safika, S., & Mardikaningsih, R. (2025). Pengaruh Kepercayaan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Sedekah Online. CURRENCY: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 442–467. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/ccy.v3i2.641
Tussifah, H., & Insirah, R. M. (2025). Analysis Of Viral Marketing, Social Media Engagement And Religiosity On Online Crowdfunding Platforms. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 181–193. https://doi.org/10.58192/profit.v4i1.2980
Zaki, A., Rukmanti, A. A., Syah, D. K. A., Yuliana, E., & Putri, R. A. D. (2024). Implementasi Relationship Marketing Pada Digital Crowdfunding (Studi Kasus: Kitabisa.com). ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 10(2), 249–263. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/atrabis.v10i2.2078
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bryan Givan, Oby Eko Purwanto, Budhy Hery Pancasilawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










