PENGUATAN BRANDING DAN DIGITALISASI UMKM KERIPIK PISANG BUKIT MAS MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA

Authors

  • Syafruddin Syam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alif Al Yasin Sipahutar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Afifatuz Zuhrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • , Marhamatul Khair Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Anggini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lisa Raihanatul Husna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adelia Putri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nine Chintya Ayu Inasti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Khairul Ariffin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Oktia Dina Sartiva Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Najwa Rahmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rian Dandi Pratama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50966

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Branding

Abstract

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, namun seringkali terkendala oleh lemahnya merek, rendahnya kemampuan pemasaran digital, dan belum adanya standarisasi proses produksi. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk melakukan pendampingan menyeluruh bagi UMKM keripik pisang di Bukit Mas guna mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan deskriptif kualitatif, dengan terjun langsung melakukan observasi,identifikasi masalah, serta implementasi solusi.  Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan berhasil meningkatkan aspek branding melalui pembuatan logo dan banner, aspek digital dengan integrasi Google My Business dan WhatsApp Business, serta aspek produksi melalui perbaikan teknik penggorengan, pengemasan, dan inovasi varian rasa. Dampak yang dirasakan meliputi perluasan jangkauan pasar, peningkatan daya tarik produk, dan penguatan kepercayaan diri pelaku usaha. Disimpulkan bahwa pendampingan holistik yang memadukan aspek teknis, digital, dan sosial-ekonomi efektif dalam memberdayakan UMKM. Diperlukan kerja sama berkelanjutan antar berbagai pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan modal dan distribusi menuju pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

References

Dewi, A., & Laili, R. (2021). Inovasi Kemasan dan Dampaknya terhadap Daya Tarik Konsumen pada UMKM Makanan Ringan. Jurnal Bisnis Kreatif. 9(1).

Handayani, M., Yusuf, I., & Pradana, A. (2023). Integrasi Pemasaran Offline dan Online untuk Peningkatan Penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi Digital. 6(2).

Harahap, R., Siregar, A., & Lubis, F. (2023). Strategi Digital Marketing UMKM Pasca Pandemi. Jurnal Inovasi Ekonomi. 7(2).

Nasution, A., & Lestari, D. (2021). Peran Branding terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 23(2).

Nugroho, Y., & Putri, M. (2021). Pendampingan Mahasiswa terhadap Pemberdayaan UMKM Lokal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(1).

Nuraini, S. (2020). Penerapan Higienitas Produksi pada UMKM Pangan dan Pengaruhnya terhadap Kepercayaan Konsumen. Jurnal Keamanan Pangan. 5(2).

Pratiwi, R., & Rahmawati, I. (2022). Efektivitas Google Bisnis dalam Meningkatkan Aksesibilitas UMKM. Jurnal Ekonomi Digital. 4(1).

Rahman, D., & Yuliana, E. (2022). Inovasi Rasa Produk Keripik sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Inovasi Bisnis. 4(3).

Sari, R., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh Standarisasi Produksi terhadap Kualitas Produk UMKM Pangan. Jurnal Teknologi Pangan. 15(2).

Wulandari, S. (2020). Inovasi Kemasan Produk UMKM sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing. Jurnal Kewirausahaan. 12(3).

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Syam, S., Sipahutar, A. A. Y., Zuhrah, A., Khair, , M., Anggini, R., Husna, L. R., … Pratama, R. D. (2025). PENGUATAN BRANDING DAN DIGITALISASI UMKM KERIPIK PISANG BUKIT MAS MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5607–5611. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50966

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.