PELATIHAN PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN EDFORM UNTUK OPTIMALISASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Authors

  • Hari Sumardi Universitas Bengkulu
  • Teddy Alfra Siagian Universitas Bengkulu
  • Ringki Agustinsa Universitas Bengkulu
  • M. Irfan Anshori Universitas Bengkulu
  • Rahadi Bimansyah Universitas Bengkulu
  • Mulya Sarti Apriani Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50750

Keywords:

E-LKPD, Discovery Learning , Aplikasi Edform, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Masih banyak guru matematika yang mengandalkan metode mengajar konvensional dan terbatasnya pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran, khususnya lembar kerja siswa (LKPD). Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah pelaksanaan pelatihan tentang metode pembelajaran inovatif yang melibatkan siswa secara aktif, serta pelatihan tentang pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Matematika SMP Kota Bengkulu sebagai mitra dalam merancang lembar kerja elektronik (E-LKPD) berbasis model Discovery Learning menggunakan aplikasi Edform. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi: (1) metode ceramah, yang digunakan untuk menyampaikan konsep-konsep yang terkait dengan lembar kerja elektronik berbantuan Edform dalam pembelajaran matematika; (2) metode demonstrasi, yang digunakan untuk memperlihatkan proses pembuatan media pembelajaran berbantuan Edform; dan (3) metode presentasi, yang digunakan untuk mempresentasikan media pembelajaran berbantuan Edform yang dikembangkan oleh masing-masing kelompok. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru MGMP Matematika Kota Bengkulu mampu membuat E-LKPD menggunakan aplikasi Edform, sehingga mendukung optimalisasi kemampuan pemecahan masalah siswa.

References

Alfitry, S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajar

(Nurhadi, Ed.). Guepedia.

Andita, S., Septy, L., Nizar, H., & Nery, R. S. (2020). Validitas Soal Matematika Tipe PISA Konteks Covid-19. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 3(2), 89–100. https://doi.org/10.30631/JEMST.V3I2.38

Anggoro, A. F. D., Hendriana, H., & Yuliani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Matematika, Koneksi Matematika, dan Penalaran (1 ed.). Guepedia.

Apertha, F. K. P., Zulkardi, Z., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://doi.org/10.22342/JPM.12.2.4318.47-62

Buto, Z. A. (2010). Implikasi teori pembelajaran jerome bruner dalam nuansa pendidikan modern. Islamic University of Indonesia.

Cholifah, P. S., & Nafsi, V. S. (2021). Interactive Worksheet Development in Mobile Learning Environment. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609, 192–197. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.211210.033

Endang, W. (2008) Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Hidayat, H. (2024). Buku ajar media pendidikan berbasis teknologi digital terintegrasi kurikulum pendidikan kejuruan. Penerbit CV. Eureka Media Aksara. ISBN 978-623-120-658-9

Jenanda, B. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX. 2 SMP N 1 KEC. Situjuah Limo Nagari.

Muslimah, M. (2020). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 1472-1479).

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.521

Prastowo, A. (2011) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rinjani, S., Arifin, S., & Ramury, F. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Journal of Education and Mathematics Science and Technology (JEMST), 1(1), 50–58.

Rosfarianti, R., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN 2 Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(2), 107–116. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6492

Salsabila, N. L., Patras, Y. E., & Lathifah, S. S. (2023). Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheet pada tema 7 perkembangan teknologi produksi pangan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1653-1663.

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 38-41.

Shi, Y. R., & Shih, J. L. (2015). Game factors and game‐based learning design model. International Journal of Computer Games Technology, 2015(1), 549684.

Sukendraa, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 177-186.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268.

Susana, A. (2022). Penggunaan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran matematika sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VI SDN 03/X Tanjung Solok semester genap tahun ajaran 2020/2021. Journal on Education, 4(2), 592–605. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.1274

Tim P2M PGSD FKIP UNS. (2002). Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan LKS Model Empirik dalam Pembelajaran IPA kepada Guru – Guru SD. Surakarta: FKIP UNS.

Trianto (2008) Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Sumardi, H., Siagian, T. A., Agustinsa, R., Anshori, M. I., Bimansyah, R., & Apriani, M. S. (2025). PELATIHAN PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN EDFORM UNTUK OPTIMALISASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5560–5566. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50750

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.