PENGENALAN TINGKAT KERUSAKAN GEMPA BUMI PADA ANAK-ANAK BANJAR MANDALA SARI DENPASAR BALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.50004Keywords:
iGempa bumi, Sosialisasi, VR BoxAbstract
Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Dampak yang diakibatkan diantaranya kematian, kerusakan fasilitas, serta kerugian lainnya. Kekuatan getaran gempa berbanding lurus dengan kerusakan yang ditimbulkan. Tingkat kerusakan gempa bumi yang dirasakan bisa berbeda-beda, tergantung episentrum gempa, kekuatan gempa, dan kondisi lokal suatu daerah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan kegiatan lanjutan sebelumnya di Banjar Mandala Sari. Anak-anak sebelumnya diperkenalkan dengan gempa bumi melalui media komik edukasi. Komik berisi cerita pendek dengan memberikan penjelasan gempa bumi beserta langkah-langkah antisipasinya. Selanjutnya anak-anak diperkenalkan dengan tingkat kerusakan gempa bumi yang dirasakan melalui sebuah video di Youtube menggunakan media Virtual Reality Box (VR Box). Penggunaan media tersebut dipilih agar anak-anak lebih tertarik untuk menonton videonya. Selama ini mereka hanya menonton video dengan tampilan biasa di Youtube. VR Box memberikan warna tersendiri. Mereka seolah-olah ikut merasakan kejadian gempa bumi. Video diawali dengan pengertian gempa bumi, lalu tiba-tiba terjadi gempa bumi. Skala tingkat kerusakan gempa bumi dihitung dari I sampai XII. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka dapat mengetahui kerusakan akibat gempa bumi lebih rinci. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan menambah wawasan mereka untuk mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh gempa Bumi. Sosialisasi tentang tingkat kerusakan skala gempa bumi yang dirasakan melalui VR Box bertujuan agar anak-anak bisa lebih siap apabila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi.References
Maharani, N.(2021). Sosialisasi dan Mitigasi Gempa Bumi Menggunakan Media Berbasis Virtual Reality Pada Panti Asuhan Adzkiah Alkhair Kecamatan Denpasar Barat Provinsi Bali. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan IPTEKS. 10(1). 52-58.
Maharani, Nia. Krisna, E. D, Setiawan, I. M. D.(2024). Sosialisasi Bencana Gempa Bumi dan Mitigasi Menggunakan Media Virtual Reality Box di Kelurahan Pedungan Bali . JADMA : Jurnal Abdi Masyarakat, 5(2) , 101-107.
https://doi.org/10.36733/jadma.v5i2.9860
Maharani, Nia. Setiawan, I. M. D. Krisna, E. D. (2024). Pengenalan Gempa Bumi dan Mitigasinya Menggunakan Media Komik Gempa Bumi pada Anak-Anak Desa Puri Kelod Banjar Mandala Sari Denpasar Timur Bali. JADMA : Jurnal Abdi Masyarakat, 12(2), 107-113.
https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.8589
Nesa Nugraha. (2025, Juli 14). Video 360 Simulasi Gempa Bumi. Video https://youtu.be/XagW2eA5-04?si=PY9tTCw2uGf_KS6p
Sukirman, Sukirman, Reza, A. B, Sujalwo, S. (2019). Media Interaktif Berbasis Virtuality untuk Simulasi Bencana Gempa Bumi dalam Lingkungan Maya. Kazanah Informatika : Jurnal lmu Komputer Informatika. 5(1), 99-107.
https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.8054
Rifandi, R. A. Putra, R. I. S. (2024). Perbandingan Efektivitas Media Edukasi Mitigasi Bencana pada Anak Sekolah Dasar : Video Edukasi, E- Komik, Buku Cerita dan Virtual Reality. Envoist Journal : Journal of Enviromental Sustainability. 5(2). 1-7.
https://doi.org/10.31331/envoist.v5i2.3724
Royer, J. Y. Gordon, R. G. Demets, C. Vogt, V. R. New Limits on the Motion between India and Australia since Cron 5 (11 Ma) and Implications for Lithosperic Deformation in the Lithosperic in the Equatoroial Indian Ocean. Geohysical Journal International. 129(1), 417-74.
https://doi.org/10.1111/j.1365-246X.1997.tb00937.x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nia Maharani, Evi Dwi Krisna, I Made Dedy Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










