EDUKASI LITERASI DIGITAL KESEHATAN UNTUK REMAJA: STRATEGI MENGHADAPI HOAKS DI ERA INFORMASI DIGITAL

Authors

  • Nurul Fitrah Hafid Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar
  • Zakiyah Ramdlani Hamzah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris
  • Andi Rezkiawati Anma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.49795

Keywords:

Literasi Digital, Remaja, Hoaks, Digital Kesehatan

Abstract

Pertumbuhan penggunaan internet yang pesat di kalangan remaja Indonesia belum diiringi dengan literasi digital kesehatan yang memadai, sehingga membuat mereka rentan terhadap informasi yang menyesatkan. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital kesehatan pada siswa sekolah menengah pertama dengan memperkuat kemampuan mereka dalam membedakan informasi kesehatan yang valid. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 46 Makassar dengan melibatkan 50 siswa berusia 14–17 tahun menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Aktivitas yang dilakukan meliputi edukasi interaktif menggunakan media visual, diskusi kelompok mengenai informasi hoaks kesehatan, serta pembuatan poster edukasi oleh siswa. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test serta refleksi kualitatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam memverifikasi informasi kesehatan dan menggunakan sumber digital yang terpercaya. Refleksi siswa juga mengindikasikan peningkatan kesadaran serta motivasi untuk mencari informasi kesehatan yang benar. Program ini tidak hanya memperkuat pemahaman kognitif siswa, tetapi juga mendorong partisipasi aktif dan kreativitas mereka dalam menyampaikan informasi kesehatan yang valid. Kegiatan ini menunjukkan pentingnya intervensi berbasis sekolah dalam memberdayakan remaja agar lebih kritis dan bertanggung jawab dalam menghadapi informasi digital di era saat ini.

References

Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118

Aloi, M. A., Caldwell, P. H., & Taba, M. (2025). Co-designing an online educational resource to help adolescents improve their digital health literacy. BMC Public Health, 25, 1870.

Bröder, J., & Carvalho, G. S. (2023). Health literacy of children and adolescents: Conceptual approaches and developmental considerations. International Handbook of Health Literacy, 2016, 39–52. https://doi.org/10.56687/9781447344520-006

Fiordelli, M., Diviani, N., Farina, R., Pellicini, P., Ghirimoldi, A., & Rubinelli, S. (2023). Strengthening adolescents’ critical health literacy and scientific literacy to tackle mis- and dis-information. A feasibility study in Switzerland. Frontiers in Public Health, 11(September), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1183838

Fitriarti, E. A. (2019). Urgensi Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Informasi Kesehatan Di Era Digital. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 219. https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6929

Irhamdhika, G. (2021). Mitigasi hoaks di era disrupsi melalui literasi digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 39–46.

Karpati, A. (2011). Digital Literacy in Education. Policy Brief, May, 1–12. https://iite.unesco.org/files/policy_briefs/pdf/en/digital_literacy.pdf

Lewis, C. C., Taba, M., Allen, T. B., Caldwell, P. H. Y., Skinner, S. R., Kang, M., Henderson, H., Bray, L., Borthwick, M., Collin, P., McCaffery, K., & Scott, K. M. (2024). Developing an Educational Resource Aimed at Improving Adolescent Digital Health Literacy: Using Co-Design as Research Methodology. Journal of Medical Internet Research, 26, 1–15. https://doi.org/10.2196/49453

Mancone, S., Corrado, S., Tosti, B., Spica, G., & Diotaiuti, P. (2024). Integrating digital and interactive approaches in adolescent health literacy: a comprehensive review. Frontiers in Public Health, 12. https://doi.org/10.3389/fpubh.2024.1387874

Mauliatesi Matas. (2023). Dampak Literasi Digital Pasien terhadap Kepuasan Pasien untuk Aplikasi Kesehatan. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 2(3), 24–29. https://doi.org/10.46808/jhimi.v2i3.158

Norman, C. D., & Skinner, H. A. (2006). eHealth literacy: Essential skills for consumer health in a networked world. Journal of Medical Internet Research, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.2196/jmir.8.2.e9

Pleasant, A., Griffin, K. H., Maish, C., O’Leary, C., & Carmona, R. (2023). Health literacy interventions for children or adolescents: An overview and insights into practical applications. International Handbook of Health Literacy, 307–322. https://doi.org/10.56687/9781447344520-023

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan kualitas umkm berbasis digital dengan metode participatory action research (Par). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81.

Rusli, tiffani shahnaz, Bosri, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, Syarfina, Ansar, Syahruddin, Amiruddin, & Yuniwati, I. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2021) (Vol. 6, Issue 1).

Zhao, B. Y., Huang, L., Cheng, X., Chen, T. T., Li, S. J., Wang, X. J., Huang, S. X., Hu, R. F., & Li, H. (2024). Digital health literacy and associated factors among internet users from China: a cross-sectional study. BMC Public Health, 24(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12889-024-18324-0

Downloads

Published

2025-10-17

How to Cite

Hafid, N. F., Hamzah, Z. R., & Anma, A. R. (2025). EDUKASI LITERASI DIGITAL KESEHATAN UNTUK REMAJA: STRATEGI MENGHADAPI HOAKS DI ERA INFORMASI DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5643–5649. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.49795

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.