PENINGKATAN PEMAHAMAN DIGITAL MARKETING PADA PARA PELAKU USAHA MIKRO DI KELURAHAN SIDODADI MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI

Authors

  • Febbyana Intan Gresya UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Ainul Yaqin Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur
  • Shofihatul Maula Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salwa Rania Jasmine Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Septia Nurafifatul Jannah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sekar Ayu Rarasati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Rafli Maulana Badar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rania Alifia Imawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Adellya Tabitha Safa Marcella Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Gilbert Anselmo Rajagukguk Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4958

Keywords:

Digital marketing, UMKM, E-commerce

Abstract

Kegiatan KKN-Tematik MBKM Kelompok 45 UPN Veteran Jawa Timur pada kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya berfokus pada skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Program kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan UMKM sekitar. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah diadakannya sosialisasi digital marketing bagi para pelaksana UMKM Kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya. Tujuan pelaksanaan program tersebut untuk mengembangkan UMKM pada E-commerce, supaya produk penjualan mereka lebih tersebar luas dan meningkatkan produksi penjualan produk. Disamping itu dengan beberapa program kerja pendampingan UMKM juga dapat membantu untuk mewujudkan apa yang telah dibicarakan oleh narasumber itu sendiri. Sebagian banyak masyarakat yang memiliki UMKM di wilayah kelurahan Sidodadi memiliki kendala untuk belum mengetahui bagaimana tata cara agar memasarkan usahanya di media online atau yang biasa di sebut E-commerce. Dengan adanya sosialisasi mengenai tema digital marketing dapat memberikan gambaran pada mahasiswa KKN Kelompok 45 dan juga masyarakat yang memiliki usaha untuk mengembangkan usahanya dan tidak hanya mengandalkan pasar secara langsung (berjualan didepan rumah) atau pasar tradisional saja. 

References

Akhmad, K. A &Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25 (1), 234-239.

Afolayan, A., Plant, E., White, G.R., Jones, P. and Beynon?Davies, P., 2015. Information technology usage in SMEs in a developing economy. Strategic Change, 24(5), pp.483-498. DOI: 10.1002/jsc.2023

Karmawan, I.G.M., Sundjaja, A.M. and Luhukay, D., 2010, June. Analisis dan Perancangan E-commerce PD. Garuda Jaya. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2020). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Gresya, F. . I. ., Yaqin, A. ., Maula, S. ., Jasmine, S. R., Jannah, S. N., Rarasati, S. A. ., … Arum, D. P. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN DIGITAL MARKETING PADA PARA PELAKU USAHA MIKRO DI KELURAHAN SIDODADI MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 895–899. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4958

Similar Articles

<< < 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.