PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DENGAN ANALISIS SWOT DI PULAU PENYENGAT KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Raja Hesti Hafriza STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Rifan Setiawan STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29952

Keywords:

Pengembangan, UMKM, SWOT, Kepulauan Riau

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan usaha Kue-mue Kole-koleh Pulau Penyengat. Usaha kue-mue kole-koleh ini bergerak dibidang industri makanan yang membuat kudapan kole-koleh modern dengan perpaduan vanilla sponge cake dan filling kole-koleh kemudian ditaburi coconut scrumble yang dalam bahasa melayu disebut tai minyak/ampas minyak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari survei lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber publikasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan metode Analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk memperoleh alternatif strategi, dimana alternatif ini diperoleh dari mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal suatu usaha. Dari penggabungan faktor internal dan eksternal diperoleh hasil bahwa usaha kue-mue kole-koleh Pulau Penyengat berada dalam posisi kuadran I, dimana usaha ini dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk memperoleh peluang yang ada, dengan beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan yaitu memanfaatkan lokasi usaha yang strategis untuk menarik minat konsumen, mempertahankan mutu dan kualitas produk, aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah serta berupaya untuk memaksimalkan promosi usaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi.  

References

Afifuddin. (2010). Pengantar Administrasi Pembangunan. Bandung: CV. Alfabeta.

ahmad. (2021). ekonomi kreatif. prada.

Alyas, & Rakib, M. (2017). strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros. Sosiohumaniora, 114-120.

Antonio, S. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktek Cetakan 1. Jakarta: Gema Insani.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Brown, L., La Fond, A., & Macintyre, K. (2001). Measuring Capacity Building, Carolina Population.

Compobasso, L., & Davis, D. (2001). Reflection on Capacity Building. The California Wellness Foundation Journal.

David, F. (2009). Konsep Manajemen Strategi (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Edward J. Blocher, e. (2007). Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Hafsah, M. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Infokop.

Kotler, P. (1997). Marketing Management. Jakarta: Pren Hallindo.

Marimin. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Bogor: Grasindo.

Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda.

Pangestika, P., Santoso, I., & Astuti, R. (2016). Strategi Pengembangan Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Dukungan Kucuran Kredit (Studi Kasus: UMKM Kabupaten XYZ). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 84-95.

Rahmana. (2008). Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi Terdepan tentang Usaha Kecil Menengah.

Rangkuti, F. (2002). Creating Effective Marketing Plan: Teknik Membuat Rencana Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, R. S. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pematangsiantar. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 133-142.

Siregar, R. T., Silitonga, H. P., & Putri, J. A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikri Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pematangsiantar. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 133-142.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif, Cetak IX. Bandung: Alfabeta.

Syastra, M., & Amrizan. (2019). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Menjadi Inovatif dengan Menggunakan Tekhnologi Smartphone. Snistek 2.

Tadjudin, & Mayasari, N. (2019). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Palopo. DINAMIS-Journal of Islamic Management and Bussines.

Tambunan, T. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia.

Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran, Cetakan Ke-II. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Hafriza, R. H. ., & Setiawan, R. . (2024). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DENGAN ANALISIS SWOT DI PULAU PENYENGAT KEPULAUAN RIAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5342–5352. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29952

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.