TRANSFORMASI TATA KELOLA ADMINISTRASI: UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DI POS PAUD BINTANG HARAPAN SEMARANG

Authors

  • Hadiahti Utami Politeknik Negeri Semarang
  • Iwan Hermawan Politeknik Negeri Semarang
  • Luqman Khakim Politeknik Negeri Semarang
  • Mellasanti Ayuwardani Politeknik Negeri Semarang
  • Azizah Azizah Politeknik Negeri Semarang
  • Febrina Indrasari Politeknik Negeri Semarang
  • Taviyastuti Taviyastuti Politeknik Negeri Semarang
  • Inayah Inayah Politeknik Negeri Semarang
  • Irin Mirrah Luthfia Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49501

Keywords:

Administrasi Pendidikan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Kompetensi Tenaga Administrasi, Tata Kelola Administrasi, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Administrasi lembaga pendidikan adalah fondasi utama manajemen yang menjamin kelancaran proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan. Data administrasi sangat vital bagi semua pelaku pendidikan, mulai dari kepala sekolah dan guru untuk pengelolaan harian, pengawas pendidikan sebagai bahan supervisi, hingga Dinas Pendidikan di berbagai tingkatan (kecamatan sampai provinsi) untuk pelaporan, pembinaan, serta penyusunan rencana dan program pendidikan masa depan. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan anak usia 0-6 tahun melalui rangsangan pendidikan agar siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pos PAUD Bintang Harapan Kelurahan Kramas, Tembalang, Semarang, sebagai salah satu lembaga PAUD, sangat bergantung pada tata kelola administrasi yang tertib dan teratur. Namun, di Pos PAUD Bintang Harapan, ditemukan masalah signifikan: belum tersedianya tenaga administrasi yang kompeten di bidangnya, dan ketersediaan peralatan edukasi yang masih kurang. Kondisi ini mengakibatkan kemampuan serta keterampilan administrasi pada guru dan tenaga administrasi di sana perlu ditingkatkan secara serius. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tata kelola administrasi perkantoran bagi para guru dan tenaga administrasi di Pos PAUD Bintang Harapan. Kegiatan ini akan dilaksanakan melalui metode pelatihan dan pendampingan. Diharapkan, peningkatan kemampuan ini akan membawa dampak positif berupa peningkatan efisiensi, mutu, dan perluasan kinerja di dunia pendidikan.

References

Anggrini Anggrini, Harnida Wahyuni Adda, & Fatlina Zainuddin. (2023). Penerapan Teknologi Administrasi Dalam Knowledge Transfer Guru Di SD Inpres Boyaoge. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(2). https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.117

Faisal, A., & Khairina, N. (2020). Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Pendidikan Kota Medan. REMIK (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 4(2). https://doi.org/10.33395/remik.v4i2.10557

Hantoro, R. R., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2021). Administrasi Pendidikan: Unsur dan Bidang Garapan Administrasi pada Sekolah. Jurnal Hikmah, 10(1).

Jamil, F. R., Ramli, A., & Sudadi, S. (2023). KONSEP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN, FUNGSI DAN RUANG LINGKUPNYA. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1). https://doi.org/10.56630/jti.v5i1.360

Kartini Kartono. (2018). Pengantar Metodologi Riset Sosial. In Bandung: Mandar Maju.

Munir, A. S. (2023). Manajemen Administrasi Pendidikan terhadap Delapan Standar Pendidikan di Sekolah Guna Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan. Jurnal Pelita Nusantara, 1(1). https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.114

Nur Amelia, & Agus Bahtiar. (2023). Sistem Penerimaan Dan Pengelolaan Administrasi Keuangan Pendidikan Di Kober TK Islamic Centre Berbasis WEB. Jurnal Kendali Akuntansi, 1(2). https://doi.org/10.59581/jka-widyakarya.v1i2.145

Pratama, A., & Dewi, D. (2023). Pengelolaan Administrasi dan Supervisi di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5).

Rahayu, S. S. (2022). MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DALAM PEMBUATAN ADMINISTRASI MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH SD NEGERI REJOSARI 03 KOTA SEMARANG. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1). https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.50

Rosaliana, T. D., Lolytasari, L. L., & Waruwu, N. D. (2022). Pengelolaan arsip vital sekolah di SMA PGRI 3 Jakarta. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 10(2). https://doi.org/10.18592/pk.v10i2.6779

Supiyanto, S. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN INDRAMAYU. Edum Journal, 3(1). https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i1.56

Wasyiem, dkk. (2023). Meningkatkan Efektivitas Administrasi Pendidikan dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(1).

Widyawati Kahar, B. (2023). Peran tata usaha dalam peningkatan layanan administrasi sekolah. Jurnal Shautut Tarbiyah, 29(1).

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Utami, H., Hermawan, I., Khakim, L., Ayuwardani, M., Azizah, A., Indrasari, F., … Luthfia, I. M. (2025). TRANSFORMASI TATA KELOLA ADMINISTRASI: UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DI POS PAUD BINTANG HARAPAN SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5167–5175. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49501

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.