PENDAMPINGAN SUMBER DAYA MANUSIA USAHA KULINER DALAM REBRANDING DAN PENYUSUNAN MENU DAN HARGA UNTUK OPTIMALISASI DAYA TARIK KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49487Keywords:
Pendampingan Sumber Daya Manusia Usaha Kuliner dalam Rebranding dan Penyusunan Menu dan Harga untuk Optimalisasi Daya Tarik Konsumen, Daya Tarik Konsumen, Sumber Daya Manusia, Usaha Kuliner, Rebranding dan Penyusunan Menu dan HargaAbstract
Usaha mikro di bidang kuliner tradisional sering menghadapi tantangan dalam menarik minat konsumen karena kurangnya perhatian terhadap visual branding dan penyajian informasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu pemilik warung soto dan sayur meningkatkan daya tarik usahanya melalui strategi rebranding dan penyusunan daftar menu dan harga yang informatif dan menarik. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan edukatif, yang mencakup observasi, diskusi perancangan, implementasi rebranding, serta pelatihan singkat kepada pemilik usaha. Hasil kegiatan menu dan harga menunjukkan peningkatan signifikan dalam daya tarik visual warung melalui pemasangan banner baru dan penyediaan daftar menu dan harga yang terstruktur. Respon positif dari pemilik usaha dan pelanggan mengindikasikan adanya peningkatan kesadaran terhadap pentingnya branding serta pertumbuhan dalam jumlah pelanggan dan pendapatan harian. Kesimpulannya, pendekatan visual dan informasional yang tepat terbukti efektif dalam mendorong peningkatan performa usaha kecil, serta memberikan pembelajaran praktis dalam penerapan ilmu kewirausahaan di masyarakat.References
Ananditya W, P., Angga S, R., Farhan N, A., Eko J, A., Nisa, K., Rizky K, T., Widodo, Z. D., Saifuddin, Karsono, D., Luky Primantari, F. A., & Kusumawati, E. D. (2024). PENDAMPINGAN BRANDING DAN EDUKASI SUMBER DAYA MANUSIA KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM. TUNAS MEMBANGUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.36728/tm.v4i2.4491
Arifa, I., Ahmad Choiri, Wahyu Wibowo, Aminuddin, A., & Nur Azizah Panggabean. (2025). Peran UMKM dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(4), 5376–5385. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.9530
Haris, M., & Lestari, D. I. T. (2023). REBRANDING DAN UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN. Solusi, 21(1), 30–39. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6125
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). VISUAL BRANDING PRODUK BELIMBING OLAHAN UMKM DEPOK MELALUI DESAIN LOGO. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Megaputri, S. D., Andriyanto, & Prastiwinarti, W. (2023). Desain Identitas Visual Sebagai Media Branding UMKM Foodey’s. Jurnal Katamata, 1(1), 30–38. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/jkm/article/view/6403
Nuriyanti, W., & Maya, S. (2018). Pengaruh Desain Daftar Menu dan harga Terhadap Keputusan Pembelian. Sosio e-kons, 9(3), 216. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.1544
Purnamasari, K. P., Deta, R. R. P., Fernandes, P., & Prawiromaruto, I. G. (2024). Perancangan Logo sebagai Bagian dari Brand Identity UMKM “Laris Rest Area” dengan Pendekatan Semiotika. Nirmana, 24(1), 48–59. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.48-59
Suci Ramadani, Dilla Amelia Ramadhani, Muhammad Ikrom, & Lokot Muda Harahap. (2025). Peran Strategis UMKM dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 4(1), 158–166. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3183
Widodo, Z. D., Maryanti, I. E., Harsono, M., Darmaningrum, K., Adiyani, R., & Wijiastuti, S. (2022). PENDAMPINGAN DIGITALISASI KEWIRAUSAHAAN UMKM TERDAMPAK COVID-19. PRIMA : PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(3), 51–58. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.198
Widodo, Z. D., Wijiastuti, S., Adiyani, R., Sumarto, L., Alhusin, S., & Ramadhan, D. R. (2024). EDUKASI, PENDAMPINGAN, DAN OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA KEWIRAUSAHAAN EKONOMI KREATIF KOMUNITAS GEN-Z. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 264–267.
Widodo, Z. D., Wijiastuti, S., Handoko, T., Al Husin, S., Vanesa, P. R., & Rahmadani, N. (2024). Sosialisasi Kewirausahaan untuk Mengembangkan Potensi Ibu Rumah Tangga Mandiri dalam Ekonomi Kreatif. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 94–98. https://doi.org/10.36728/ganesha.v4i1.3159
Widodo, Z. D., Zaelani, A., Wijiastuti, S., Adiyani, R., Alhusin, S., & Choiri, D. U. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKANKUALITAS (SDM) PADA INDUSTRI KREATIF CETAK SARING SABLON MANUAL. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 137–142. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2586
Zetira, N. A., Gusti, D. T., & Kurnia, D. W. (2025). PENGUATAN IDENTITAS VISUAL UMKM “SANDWICH YUSUF” MELALUI PERANCANGAN LOGO DAN MEDIA PROMOSI VISUAL. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 9(4), 1–10. https://doi.org/10.2238/66nmh362
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adimas Bara Alfansa, Zandra Dwanita Widodo, Muhammad Tio Wilian Assidiq, Rayana Muhammad Hasan, Muhammad Ikhsan, Retnoning Ambarwati, Muhammad Faiz Hardiansyah, Muhammad Sultan, Dwinanda Ripta Ramadhan , FA Luky Primantari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










