PENGEMBANGAN ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49288Keywords:
Ekstrakurikuler, Robot Line Follower, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 08 Dau Malang untuk mengatasi rendahnya akurasi robot line follower yang masih menggunakan pengaturan sudut belok berbasis waktu tunda, terbatasnya metode pembelajaran, dan ketiadaan buku panduan operasional. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan keterampilan teknis siswa dan guru melalui pengembangan modul robot line follower berbasis sensor Gyro MPU6050 sebagai acuan sudut belok presisi. Metode pelaksanaan meliputi perancangan dan pembuatan robot, penyusunan materi dan buku panduan, pelatihan teori-praktik bagi siswa dan guru, serta evaluasi melalui pre-test, post-test, kuesioner, dan uji kinerja robot di lintasan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa sebesar 93,65% (nilai rata-rata 42,5 menjadi 82,3), tingkat keberhasilan robot menyelesaikan lintasan mencapai 95%, serta respon positif dari 92% peserta dan 88% guru terhadap buku panduan. Selain menghasilkan perangkat pembelajaran yang lebih akurat dan mudah digunakan, kegiatan ini juga memperkuat kompetensi guru dalam membimbing siswa secara mandiri. Keberhasilan program ini membuka peluang sekolah mitra untuk berpartisipasi dan berprestasi pada ajang kompetisi robotika tingkat regional maupun nasional secara lebih optimal.References
Brigido, W. J. H., & Parente de Oliveira, J. M. (2025). The line follower robot: a meta-analytic approach. PeerJ Computer Science, 11. https://doi.org/10.7717/peerj-cs.2744
Eliza, F., Hakiki, M., Muhtaj, M., Putri, D., Hidayah, Y., Fricticarani, A., Fakhri, J., Arpannudin, I., Subroto, D., Sussolaikah, K., Abi Hamid, M., Fadli, R., & Ramadhan, M. (2025). Game-D: Development of an Educational Game Using a Line Follower Robot on Straight Motion Material. International Journal of Information and Education Technology, 15, 49–58. https://doi.org/10.18178/ijiet.2025.15.1.2217
Inaiyah Agustin, E., & Tri Yunardi, R. (2019). Line Follower Robot Training and Introduction of Internet of Things (IoT) for Students in Jombang City. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 01(2), 50–55. https://doi.org/10.20473/dc.v1i2.2019.50-55
Jannah, F., Fuada, S., Putri, H., Zanah, F., & Pratiwi, W. (2021). Teaching analog Line-Follower (LF) robot concept through simulation for elementary students. Journal of Physics: Conference Series, 1987, 12046. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012046
Nur, A., Chamim, N., Yusvin Mustar, M., Purwanto, K., Wiyagi, R. O., Septriadi, G., & Abbasf, K. (2022). Improving Knowledge of Line Follower Robots at SMP Muhammadiyah 1 Godean. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 2(5), 175–185. https://doi.org/10.59247/jppmi.v2i5.96
Ouyang, F., & Xu, W. (2024). The effects of educational robotics in STEM education: a multilevel meta-analysis. International Journal of STEM Education, 11(1), 7. https://doi.org/10.1186/s40594-024-00469-4
Siswanto, & Sigit, H. T. (2019). Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika pada Siswa SMK Negeri I Kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.21632/jpmi.1.1.230-240
Siswoyo, A., Arianto, E., & noviyanto, antonius. (2023). Pelatihan Pengenalan Teknologi Line Follower Robot bagi Siswa SMA Regina Pacis Surakarta. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6. https://doi.org/10.24071/aa.v6i2.5229
Sukamta, S., Ulfah Mediaty Arief, Sukrina, N. F., Putra Pratama, M. H., Nadia, A. K., Tunnisa, S., & Septariza, D. A. (2024). Pembelajaran Praktikum Berbasis Robot Line follower untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa SMKN 1 Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4924–4930. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4253
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khusnul Hidayat, Mohammad Chasrun Hasani, Nur Alif Mardiyah, Merinda Lestandy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










