PELATIHAN PENGGUNAAN MIKROSKOP BINOKULER DAN TRINOKULER PADA SISWA SMA DI KOTA BATAM

Authors

  • Anggia Azizah Universitas Internasional Batam
  • Khoirul Anwar Universitas Internasional Batam
  • Alif Rahman Habibi Universitas Internasional Batam
  • Mona Fathi Universitas Internasional Batam
  • Witri Winanda Universitas Internasional Batam
  • Azizul Berlyansah Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49129

Keywords:

Keterampilan Laboratorium, Mikroskop, Pengabdian Masyarakat, Praktikum Biologi, Siswa SMA

Abstract

Keterampilan laboratorium merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran biologi karena mendukung pemahaman konsep melalui pengalaman langsung. Kegiatan praktikum membantu siswa mengembangkan kemampuan observasi, berpikir kritis, dan ketertarikan terhadap sains. Permasalahan rendahnya literasi sains terutama biologi serta keterbatasan fasilitas laboratorium menyebabkan siswa jarang berinteraksi dengan alat-alat laboratorium terutama mikroskop. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa SMA di kota Batam dalam penggunaan mikroskop binokuler dan trinokuler melalui pelatihan praktik langsung. Kegiatan meliputi sosialisasi tentang ilmu biologi, program studi biologi, pengenalan bagian dan fungsi mikroskop serta praktik pengamatan preparat jaringan otot manusia dan fungi mikroskopis yang diambil dari tempe dan roti berjamur. Pelatihan ini dilakukan secara interaktif dan partisipatif. Hasil menunjukkan peningkatan antusiasme, pemahaman, dan kemampuan siswa dalam menggunakan mikroskop. Kegiatan ini efektif meningkatkan ketertarikan dan minat siswa SMA terhadap ilmu biologi serta upaya mengaplikasikan pembelajaran teoritis. Pelatihan ini juga sebagai langkah awal yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai program berkelanjutan dalam membangun literasi mikroskopi dan minat siswa SMA terhadap ilmu biologi

References

El Avi, Salsabilla, Alfhiya Nurrahmah, Elisa Herawati, Shanti Listyawati, and Tetri Widiyani. 2024. Kolaborasi Prodi Biologi FMIPA UNS dalam Perkuatan Kompetensi IPA bagi Siswa Smp Djama’atul Ichwan, Surakarta. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 7.

Habibi, Alif Rahman, Khoirul Anwar, Anggia Azizah, Mona Fathia, Witri Winanda, and Azizul Berlyansah. 2025. Peran Sarjana Biologi dalam Dunia Kerja Baik dalam Industry Maupun di Lembaga Pemerintah. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat 3(3):225–30.

Kurniawan, Aditya, Bea Hana Siswati, and Nadyatul Ilma Indah Savira. 2021. Motivasi Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pembuatan Preparat Apusan Darah Tingkat SMA di Kabupaten Jember, Indonesia. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 6(2):44–49.

Manurung, Hetty, Ratna Kusuma, Dwi Susanto, Samsurianto Samsurianto, and Muhammad Fauzi Arif. 2025. Pelatihan Teknik Penggunaan, Pengenalan Mikroskop dan Pengamatan Sel bagi Guru-Guru dan Siswa/i Di SMP Negeri 5 Samarinda. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(1):47–56.

Munarti, Munarti, Desti Herawati, Surti Kurniasih, and Solihat Rahmawati. 2024. Pendampingan Kegiatan Praktikum Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Surau Islamic Homeschooling. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8(4):3511–19.

Mursali, Saidil, Sumarjan Sumarjan, Sri Nopita Primawati, Siti Nurhidayati, Laras Firdaus, Ahmad Aris Arifin, Saifudin Sapina, and Vera Puspita Dewi. 2023. Literasi Mikroskop Mahasiswa Pendidikan Biologi: Pelatihan Penggunaan Mikroskop untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan. Nuras: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(4):133–42.

Restudila, Eby, Muhyiatul Fadilah, Ganda Hijrah Selaras, and Suci Fajrina. 2025. Analisis Hubungan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan 3(4):631–38.

Rosyida, Azima, Aida Putri Nabila, Almira Bhanurasmi, Ayu Sholikah Inggil Pambekti, Dhia Zalfa Pritaraida, and Lili Pandan Sari. 2024. Meningkatkan Minat Sains di Era Digitalisasi Melalui Kegiatan Interaktif bagi Siswa SMP Djama’atul Ichwan Surakarta. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara 1(6):9806–21.

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Azizah, A., Anwar, K., Habibi, A. R., Fathi, M., Winanda, W., & Berlyansah, A. (2025). PELATIHAN PENGGUNAAN MIKROSKOP BINOKULER DAN TRINOKULER PADA SISWA SMA DI KOTA BATAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5379–5383. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49129

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.