MENGGERAKKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PROMOSI WISATA PANTAI PADAS DESA PADANG PULAU

Authors

  • Dailami Dailami Universitas Asahan
  • Sri Rahmayanti Universitas Asahan
  • Cik Zulia Universitas Asahan
  • Lanna Reni Gustianty Universitas Asahan
  • Aldo Aldo Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48832

Keywords:

Masyarakat; Partisifasi; Promosi; Wisata

Abstract

Pantai Padas termasuk potensi Desa Padang Pulau Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan. Pantai Padas merupakan objek wisata yang  merupakan bekas pertambangan batu padas. Bekas galian  padas  itu  membentuk  undakan  air  terjun  dan  jatuh  dari  ketinggian  sekitar  5  meter. Undakan air terjun bekas pecahan padas tersebut menjadi daya tarik lokasi wisata ini. Objek  wisata ini  dikelola oleh  Perorangan  dan    masyarakat  sekitar,  namun  pengelolaan  yang dilakukan masyarakat masih jauh dari profesional. Selain itu, pengelolaan wisatanya belum menerapkan konsep manajemen modern, sehingga objek wisata Pantai Padas ini belum banyak dikunjungi bahkan diketahui oleh masyarakat luas. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kekurangan tersebut yaitu dengan menggerakkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi wisata di daerahnya, meningkatkan kemampuan kesadaran warga dalam mengelola destinasi wisata sekitar, serta meningkatkan akses informasi data wisata di Desa Padang Pulau dengan pemanfaatan aplikasi modern saat ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi peninjauan dan pemetaan lokasi dengan cara Demonstrasi Lansung. Dalam demonstrai dijelaskan secara singkat tentang penyampaian informasi wisata dengan menggunakan teknologi informasi, seperti media online serta pemahaman tentang ilmu komunikasi bisnis dalam pengelolaan wisata. Kegiatan akan dilakukan di Pantai Padas Desa Padang Pulau dengan sasaran khususnya warga sekitar objek wisata, kemudian dari mereka akan disebarkan kepada masyarakat luar objek wisata dan pengunjung. Hasil akhir yang dari kegiatan PKM ini daerah objek wisata, minimnya pemberitahuan dalam bentuk media komunikasi langsung ataupun tidak langsung. Salah satu informasi yang minim yaitu pesan layanan masyarakat seperti papan informasi di lokasi ataupun daerah menuju lokasi wisata. Sehingga daerah wisata ini tidak begitu dikenal masyarakat luar desa.

References

Arviana, N., dan Giriwati, N. S. S. 2018. Faktor-Faktor Penentu Kualitas Desa Wisata Kungkuk Punten Batu sebagai Destinasi Wisata Pedesaan. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 6(1) : 1-10.

Brahmantyo, B. dan T. Bachtiar. 2009. Wisata Bumi Cekungan Bandung. Truedee Pustaka. Bandung

Destinngsih, R., Achsa, A., & Verawati, D. 2018. Strategi Pengembangan Pariwisata di Wisata BALKONDES Ngadiharjo di Kawasan Borobudur Kabupaten Magelang. Jurnal Destinasi Priwisata, 8 (2) : 322-328.

Dewi, R., dan Hadiansyah, Y. 2021. Konsep dan Strategi Pengembangan Wisata Alam Kawasan Pesisir. Penerbit Adab.

Falahiyat ,N., dkk Pendampingan Perempuan Single Parent Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pasca Covid 19 (2024). Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.5(1)

Hartono, D., dan Darmawan, S. 2019. Pemanfaatan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Jenis Quadcopter untuk Percepatan Pemetaan Bidang Tanah (Studi Kasus: Desa Solokan Jeruk Kabupaten Bandung). REKA GEOMATIKA, (1), 30-40.

Kemenpar. 2014. Rencana Strategis Kementerian Pariwisata Tahun 2015-2019.

Lenti, M., Beni, S., & Sadewo, Y. D. (2020). Strategi Diferensiasi Produk Line Untuk Menarik Minat Konsumen. Business, Economics and Entrepreneurship

Ponulele, D. A. (2015). STUDI PENGEMBANGAN WISATA PEMANCINGAN DI KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI. Katalogis, 3(12), 22–33.

Satyahadewi,R dkk. (2023). berpartisipasi dalam ikut mempromosikan destinasi wisata Pantai Batu Burung melalui media sosial dengan membagi video profil pantai dan infografis, : JURNAL PKM BINA BAHAR, 2(1).

Setyawan, T. B., Fahrudin, A., & Susanto, H. A. (2020). Valuasi Ekonomi Wisata Memancing di Perairan Laut Sekitar Tanjung Kait, Tangerang, Banten: Pendekatan Contingent Valuation Method dan Travel Cost Method. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Perdesaan), 4(3), 172-185.

Setyowati, E., Susilowati, I., Sugianto, D. N., & Putri, A. R. (2022). Model Kuliner Wisata Bahari Untuk Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Desa Tambakbulusan Kabupaten Demak. Jurnal Arsitektur Arcade, 6(2), 146. https://doi.org/10.31848/arcade.v6i2.977

Sunarta, N., & Arida, N. S. (2017). Pariwisata Berkelanjutan (Cet. 1). Cakra Press.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Dailami, D., Rahmayanti, S., Zulia, C., Gustianty, L. R., & Aldo, A. (2025). MENGGERAKKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PROMOSI WISATA PANTAI PADAS DESA PADANG PULAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 4962–4968. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48832

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.