MENINGKATKAN LITERASI DINI ANAK MELALUI METODE BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI PAUD KENANGA DESA BANARAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48201Keywords:
Literasi Dini, Bermain Sambil Belajar, PAUD, Metode Partisipatif, Kreativitas AnakAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dini anak-anak melalui metode bermain sambil belajar di PAUD Kenanga, Desa Banaran. Literasi dini merupakan salah satu kemampuan penting yang harus ditanamkan sejak usia prasekolah, namun pelaksanaannya seringkali kurang menarik sehingga anak-anak mudah bosan. Oleh karena itu, tim pengabdian merancang serangkaian kegiatan edukatif berbasis permainan yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan usia anak. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan demonstratif, dengan langkah-langkah berupa observasi awal, koordinasi dengan guru, pelaksanaan permainan edukatif (mengenal huruf dengan kartu, berhitung dengan balok angka, bermain peran sederhana, membaca buku cerita bergambar, dan membentuk clay), serta evaluasi melalui pengamatan perkembangan anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak lebih aktif, antusias, dan berani berpartisipasi dalam aktivitas literasi. Guru-guru juga menyambut baik metode yang diterapkan dan berencana melanjutkannya secara rutin. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran alternatif yang menarik untuk meningkatkan literasi anak sejak usia dini.References
Afnida, M., Sari, R. E., & Syafnita, T. (2022). Pendekatan Whole Languange: Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mutia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8586–8596.
Anugrahini, C., Fouk, M. F. W. A., & Sin, M. F. V. (2024). Sosialisasi Pentingnya Budaya Literasi Untuk Anak Usia Dini Melalui Bercerita Dongeng Di Desa Kabuna Haliwen Atambua Nusa Tenggara Timur. Jurnal Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1–8.
Bakhri, S., Dede, D., Rahmawati, E., & ... (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD melalui Pelatihan Teknologi Informasi di Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. NEAR: Jurnal …, 1(1). https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/631%0Ahttps://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/download/631/376
Fitriasih, S. H., Remawati, D., Retno, Y., Utami, W., & Irawati, T. (2023). Peningkatan Kapasitas Pengelola PAUD Kenanga Desa Banaran Kec. Grogol Kabupaten Sukoharjo. 3, 54–61.
Muhammad Hasbi. (2022). Pedoman Peran Desa Dalam Penyelegaraan PAUD. 51. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/Pedoman_Desa_FINAL.pdf
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Teknologi pada Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996–2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843
Syafe, M., & Azzahra, M. (2023). Penerapan Kegiatan Literasi Anak Usia Dini. 07(02), 351–356.
Trihantoyo, S., Nursalim, M., & Roesminingsih, E. (2020). Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Muslimat Nahdlatul Ulama. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 229–239. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1460
Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Remawati, Sri Hariyati Fitriasih, Kumaratih Sandradewi, Tri Irawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










